Selamat

Rabu, 5 Oktober 2022

NASIONAL | Validnews.id

NASIONAL

23 September 2022

13:29 WIB

Jangan Keliru, ASN Dan PNS Berbeda

Perbedaan ASN dan PNS tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Penulis: Aldiansyah Nurrahman,

Editor: Leo Wisnu Susapto

Jangan Keliru, ASN Dan PNS Berbeda
Ilustrasi ASN. okanhulu.bawaslu.go.id

JAKARTA – Tidak sedikit masyarakat yang menganggap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah profesi yang sama, hanya dari segi namanya yang berbeda.

ASN dan PNS bagi sebagian orang merupakan istilah yang pada status kepegawaian yang sama. Padahal, faktanya keduanya tidak serupa.

Dalam Pasal 1 ayat 1 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dijelaskan ASN adalah profesi bagi PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintah.

Lalu, pada ayat 2 di pasal dan UU yang sama menyebutkan Pegawai ASN adalah PNS dan PPPK yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Dari kedua ayat di atas, dapat disimpulkan ASN merujuk pada profesi yang terdiri atas dua status kepegawaian yang berbeda, yakni PNS dan PPPK. Jadi, setiap PNS sudah pasti adalah ASN karena PNS adalah bagian dari ASN, namun ASN belum tentu PNS karena bisa saja ia adalah seorang PPPK.

PNS sendiri dalam Pasal 1 ayat 3 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dikatakan bahwa PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Sementara di ayat 4, PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

ASN, baik itu PNS atau PPPK memiliki fungsi, tugas, dan peran yang harus mereka kerjakan sebagaimana yang tertera UU Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 10-12.

Adapun fungsi ASN adalah pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat dan pemersatu bangsa. Sementara tugasnya, yakni melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina, kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas, dan mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara dari segi peran, pegawai ASN berperan sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER