Selamat

Rabu, 1 Februari 2023

KULTURA

26 Januari 2023

12:47 WIB

Cara Membersihkan Perhiasan Emas Ala Rumahan

Tak perlu membawanya ke toko, Anda bisa membersihkan perhiasan-perhiasan kesayangan di rumah.

Penulis: Annisa Nur Jannah,

Editor: Satrio Wicaksono

Cara Membersihkan Perhiasan Emas Ala Rumahan
Seseorang sedang membersihkan perhiasan berupa cincin. Shutterstock/Kwangmoozaa

JAKARTA - Mengenakan perhiasan aksesoris tentu menambah kesan cantik dan elegan. Dan tak dapat ditampik, segala aksesoris yang melekat di tubuh itu tentu membuat penggunanya semakin tampil percaya diri. 

Emas adalah salah satu logam paling populer yang digunakan dalam perhiasan, dipadukan dengan logam mulia dan tidak mulia lainnya, untuk kekuatan dan daya tahan. Misalnya, emas putih dipadukan dengan nikel, seng, paladium, dan atau perak, sedangkan emas mawar dipadukan dengan tembaga.

Hampir setiap orang, khususnya perempuan, pasti memiliki perhiasan favorit yang paling sering dipakai, mulai dari kalung, gelang, cincin hingga anting-anting. Setiap perhiasan yang sering digunakan juga harus dibersihkan secara teratur agar tetap memancarkan kemilaunya. Pasalnya, perhiasan bisa menghitam setelah kena keringat setiap hari.

Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan emas yang ada di dalam perhiasan terpapar kandungan lain, sehingga menyebabkan perhiasan kesayangan menghitam. Biasanya untuk mengembalikan warna asli emas Anda harus menyiapkan sejumlah uang dan pergi ke tokonya.

Baca juga: Mencuci Sayur Tidak Cukup Hanya Dengan Air Mengalir

Namun tak perlu khawatir, karena perhiasan bisa dibersihkan sendiri memakai peralatan yang ada di rumah.

Caranya, pastikan untuk tidak membersihkan perhiasan Anda di dalam atau di dekat wastafel terbuka. Letakkan tikar atau piring di atas saluran air terdekat sebelum memulai rutinitas pembersihan perhiasan kesayangan.

Bersihkan Dengan Sabun Cuci Piring
Masukkan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam semangkuk air hangat (bukan panas). Meskipun air keran biasa akan bekerja dengan baik, untuk hasil yang lebih baik lagi, Anda dapat menggunakan air seltzer bebas sodium atau soda klub. 

Karbonasi dalam cairan ini dapat membantu melonggarkan akumulasi kotoran.  Jangan gunakan air panas atau mendidih, apalagi jika perhiasan Anda mengandung batu mulia yang rapuh. 

Beberapa batu berharga, seperti opal, dapat retak jika mengalami perubahan suhu yang cepat dan drastis. Demikian pula, jangan gunakan air yang sangat dingin karena kotoran akan mengerut dan menjadi lebih keras. Cara ini juga bisa digunakan untuk memoles perhiasan yang diisi emas.

Rendam Perhiasan Emas Dalam Larutan Tersebut
Biarkan perhiasan berada di dalam air selama sekitar 15-30 menit. Saat meresap, air sabun hangat akan masuk ke celah dan melonggarkan penumpukan kotoran yang sulit dijangkau.

Gosok perhiasan dengan menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Gosok setiap perhiasan satu per satu, berikan perhatian khusus pada celah di mana kotoran mungkin tersembunyi. 

Gunakan kuas yang sangat lembut, makin lembut akan lebih baik. Bulu yang kaku dapat menggores permukaan perhiasan Anda. 

Jika perhiasan Anda berlapis emas, bulu yang kaku dapat menghilangkan lapisan emas seluruhnya. Anda bisa menggunakan kuas alis karena memiliki bulu yang lembut untuk perhiasan Anda. 

Baca juga: Ignaz Semmelweis dan Ide Mencuci Tangan

Bilas Setiap Dengan Air Hangat Mengalir
Sekali lagi, pastikan airnya tidak panas, apalagi jika perhiasan Anda mengandung batu yang rapuh. Jangan biarkan air mengalir dalam aliran yang sangat kuat juga karena bisa merusak batu permata.

Bilas perhiasan Anda dengan saringan pasta atau penyaring kopi logam agar saat tidak sengaja terjatuh, perhiasan kesayangan tidak hilang.

Keringkan Dengan Kain Lembut
Kemudian, biarkan perhiasan diletakkan di atas handuk hingga benar-benar kering sebelum dipakai kembali. Jika perhiasan Anda masih basah, memakainya dapat membuat kulit lembab dan menimbulkan iritasi ringan.

Tips di atas bisa sangat membantu Anda membersihkan perhiasan. Namun, tidak disarankan untuk terlalu sering membersihkannya.

Pasalnya, terlalu sering dicuci dikhawatirkan akan merusak atau mengurangi kadar emas yang ada di dalam perhiasan. Terakhir, sebaiknya Anda melepas perhiasan saat mandi atau menggunakan lotion tubuh. Selamat mencoba! 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER