05 Januari 2023
14:25 WIB
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
JAKARTA – Perkembangan kanal komunikasi dan ketatnya persaingan di dunia pemasaran menuntut perusahaan tidak hanya menyajikan pelayanan yang baik, namun juga dapat menghadirkan program yang berkualitas dan berkelanjutan bagi pelanggan.
Division Head Marketing Communications PermataBank Glenn Ranti mengatakan, pembuatan ide-ide kreatif yang unggul, strategi kampanye yang efektif, serta penyampaian pesan yang tepat juga menjadi perhitungan perusahaan agar program yang dihadirkan tepat sasaran.
“PermataBank selalu berkomitmen dalam menyajikan program-program marketing berkelanjutan yang menawarkan produk dan layanan untuk semua segmen dan generasi," katanya dalam pernyataan resminya, Kamis (05/01).
Tidak hanya menjadi bagian dari keseharian nasabah dalam melakukan berbagai transaksi keuangan, dia menilai di tengah situasi dan perubahan yang terjadi sangat dinamis saat ini terutama berbagai isu pada 2023, penting bagi PermataBank untuk menjadi bank yang terpilih dan terpercaya bagi nasabah dan masyarakat luas.
Baca Juga: OJK Catat Kredit Perbankan Tumbuh 11,16% Di November 2022
Terlihat dalam pembukuan kinerja kuartal I/2022 lalu, PermataBank berhasil mencatatkan pertumbuhan asset menjadi sebesar 18,4% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp241 triliun.
Selain itu melalui dukungan dalam penyaluran kredit kepada masyarakat telah tumbuh 10,0% yoy menjadi sebesar Rp129 triliun terutama didorong oleh pertumbuhan kredit korporasi dan KPR masing-masing sebesar 17,3% dan 22,7%.
Lebih lanjut, dari sisi pendanaan, pada tahun lalu simpanan nasabah bertumbuh sebesar 23,3% yoy terutama dikontribusi dari pertumbuhan giro sebesar 36,6% dan tabungan sebesar 15,6%.
Sejalan dengan itu, rasio CASA Bank mengalami peningkatan menjadi 56,4%.
Dari sisi operasional, bank telah membukukan pendapatan operasional sebesar Rp2,9 triliun, tumbuh 21,9% yoy, sehingga laba operasional sebelum pencadangan tercatat sebesar Rp1,5 triliun. Pertumbuhan Pendapatan operasional dikontribusikan dari pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 4,2% dan pendapatan non-bunga sebesar 113,3%.
Mendapatkan Award
Atas usaha tersebut PermataBank meraih empat penghargaan dalam ajang penghargaan Marketing Excellence Award (MEA) 2022 oleh Marketing-Interactive. Penghargaan ini secara langsung diberikan kepada PermataBank pada 6 Desember 2022 lalu di Jakarta.
Glenn menuturkan hal ini membuktikan kapabilitas PermataBank dalam menyajikan beragam kampanye dan program customer experience and engagement yang inovatif serta mampu bersaing tidak hanya dalam ranah perbankan namun dapat disejajarkan dengan nama-nama besar dari lintas industri.
Diketahui Marketing Excellence Award merupakan sebuah program penghargaan dari Marketing-Interactive yang telah hadir selama 11 tahun di berbagai negara seperti Singapura, Hong Kong, Malaysia, dan Indonesia. Program ini dirancang khusus untuk mengapresiasi kerja keras para pelaku di industri kreatif dan komunikasi.
Baca Juga: BI: Penyaluran Kredit Perbankan Terindikasi Meningkat pada November
Ada 35 kategori yang dilombakan pada ajang kali ini dengan para peserta bersaing memperebutkan trofi Gold, Silver, dan Bronze. Penilaian MEA dilakukan oleh juri independen dari pihak klien berlevel senior dengan kriteria penilaian yakni 10% isu yang terjadi, 35% solusi yang ditawarkan, 30% penyampaian pesan, dan 25% pelaksanaan program.
Dalam program tersebut, PermataBank berhasil memenangkan satu penghargaan gold, yakni Excellence in Event Marketing: PermataBank - Wealth Wisdom 2021.
Serta tiga penghargaan bronze, yaitu Excellence in Loyalty Marketing: PermataBank - AirAsia Cards; Excellence in Performance Marketing: PermataBank - Personal Loan Always On Conversion Campaign; dan Excellence in Marketing to Specific Audience: PermataBank - Campus Ambassador.
“PermataBank akan terus berkembang dan berinovasi untuk memberikan yang terbaik dalam menjawab kebutuhan perbankan dan komunikasi yang tepat sasaran. Tidak hanya dari sisi produk dan layanan, namun juga memperhatikan pemenuhan kebutuhan informasi finansial yang menarik, relevan, kreatif serta berkualitas untuk nasabah.” ucap Glenn.