c

Selamat

Rabu, 5 November 2025

EKONOMI

05 November 2025

19:57 WIB

E-commerce Kuartal III Moncer! Transaksi Online Naik 6,19%

BPS melaporkan transaksi online dari e-retail dan marketplace selama kuartal III tumbuh 6,19% (qtq). Pertumbuhan seiring dengan meningkatnya aktivitas perdagangan online di berbagai wilayah.

Editor: Khairul Kahfi

<p><em>E-commerce</em> Kuartal III Moncer! Transaksi <em>Online</em> Naik 6,19%</p>
<p><em>E-commerce</em> Kuartal III Moncer! Transaksi <em>Online</em> Naik 6,19%</p>

Pedagang mempromosikan barang dagangannya secara daring melalui platform e-commerce di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (13/9/2023). ValidNewsID/Fikhri Fathoni

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, transaksi online dari e-retail dan marketplace selama kuartal III/2025 tumbuh sebesar 6,19% secara kuartalan. Pertumbuhan seiring dengan meningkatnya aktivitas perdagangan online di berbagai wilayah.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh. Edy Mahmud mengungkapkan, beberapa komoditas yang banyak dibeli masyarakat secara online antara lain kategori personal care, perlengkapan rumah tangga, transportasi, rekreasi dan olahraga, serta pakaian.

“Nilai transaksi berbagai kelompok komoditas ini mengalami peningkatan pada kuartal III/2025 dibandingkan dengan kuartal II/2025,” kata Edy menjawab pertanyaan media dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (5/11), melansir Antara.

Baca Juga: Tembus Rp134,6 T! Rombongan Promo Perkuat Transaksi E-Commerce Kuartal III

Untuk diketahui, lapangan usaha informasi dan komunikasi (infokom) tumbuh sebesar 9,65% (yoy), menjadikannya keempat tertinggi di antara pertumbuhan lapangan usaha lainnya setelah jasa pendidikan, jasa perusahaan, dan jasa lainnya.

Baca Juga: idEA Optimis Transaksi Harbolnas 2025 Naik 10% Jadi Rp34,32 T

Edy mengatakan, informasi dan komunikasi tumbuh sejalan dengan adanya peningkatan aktivitas telekomunikasi, traffic data, maupun transaksi perdagangan melalui sistem secara elektronik.

Pertumbuhan Rumah Tangga
Sebagai gambaran keseluruhan, konsumsi rumah tangga pada kuarta III/2025 tercatat tumbuh sebesar 4,89% (yoy). Pertumbuhan ditopang oleh konsumsi untuk transportasi dan komunikasi dengan pertumbuhan sebesar 6,41%.

Selain itu, pertumbuhan konsumsi rumah tangga juga didorong oleh konsumsi untuk restoran dan hotel yang tumbuh tinggi sebesar 6,32%.

Meski tetap tumbuh, apabila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, konsumsi rumah tangga melambat baik secara tahunan maupun kumulatif.

Pada kuartal III/2024, konsumsi rumah tangga tumbuh masing-masing sebesar 4,97% (yoy) dan 4,96% (ctc). Sementara pada kuartal III/2025, sektor yang sama hanya tumbuh 4,89% (yoy) dan 4,94% (ctc).

Baca Juga: Konsumsi Rumah Tangga Susut, Andil ke PDB Merosot di Kuartal III/2025

Secara struktur, konsumsi rumah tangga masih memberikan kontribusi terbesar terhadap total Produk Domestik Bruto (PDB), yakni sebesar 53,14% pada kuartal III/2025. Sementara jika dilihat dari sumber pertumbuhan, konsumsi rumah tangga juga tetap menjadi sumber pertumbuhan utama sebesar 2,54%.

Ekonomi Indonesia berdasarkan besaran PDB atas dasar harga konstan (ADHK) mencapai Rp3.444,8 triliun, sehingga secara tahunan ekonomi tumbuh 5,04% (yoy).

Pertumbuhan ekonomi secara kuartalan mencapai 1,43% (qtq), sementara pertumbuhan secara kumulatif atau sepanjang Januari-September 2025 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya tercatat 5,01% (ctc).


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar