Selamat

Jumat, 24 September 2021

14 September 2021|16:54 WIB

TNI AL Siap Amankan G20 2022 Di Labuan Bajo

Tambah kapal patroli. Saat ini personel baru 20%

Oleh: Leo Wisnu Susapto

ImageKapal wisata Pinisi bersandar di Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

LABUAN BAJO – Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, pengamanan pelaksanaan KTT G-20 2022 di lokasi acara sampingan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, akan sesuai prosedur tetap yang telah ada.

"Sudah ada protapnya sendiri untuk pengamanan VVIP atau kepala negara dan tamu asing," kata dia kepada wartawan di Labuan Bajo, Selasa (24/9).

Ia mengatakan, TNI AL siap untuk menggerakan kapal-kapal perang guna mengamankan para tamu negara dan rombongannya itu. Menurut dia, pengamanan di darat dan laut ada prosedur tetapnya masing-masing dan TNI AL akan mengambil alih pengamanan di laut.

Dia juga menyebut akan melengkapi kapal patroli guna peningkatan patroli keamanan di wilayah perairan di Labuan Bajo.

"Tentunya ke depan kami akan tingkatkan keamanan melalui pangkalan TNI AL tipe C yang berfokus pada penegakan hukum laut di Labuan Bajo," ucap dia.

Hal itu dia sampaikan saat berada di Markas Komando Pangkalan TNI AL Labuan Bajo untuk meninjau pangkalan dan layanan vaksinasi di sana.

Dalam kunjungannya, dia akan memeriksa sarana dan prasarana untuk melengkapi Pangkalan TNI AL tipe C itu. Salah satunya yakni melengkapi kapal patroli yang ada dan tambahan jumlah personil, yang dia bilang masih sekitar 20%.

Selain itu, dia juga mengatakan akan membangun markas komando yang lebih besar. Semua peningkatan sarana prasarana tersebut diperuntukkan bagi peningkatan performa patroli keamanan perairan di Kabupaten Manggarai Barat.

"Tentunya bersama instansi terkait dan pemerintah daerah untuk mengamankan Labuan Bajo ini," kata dia.

Ia menjelaskan pelaksanaan KTT G-20 2022 telah diinformasikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan.

TNI AL pun akan melakukan persiapan sebaik mungkin dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan internasional itu.

Sementara itu Kepala Polres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, saat dihubungi secara terpisah menyatakan kesiapan guna pengamanan pelaksanaan kegiatan di tahun depan.

"Pastinya Polres Manggarai Barat siap melakukan pengamanan berbagai kegiatan nasional dan internasional di wilayah Manggarai Barat," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER