c

Selamat

Jumat, 29 Maret 2024

NASIONAL

19 Oktober 2021

14:28 WIB

Tim KPK Amankan Bupati Kuansing, Riau

Terkait suap perizinan perkebunan di Riau

Penulis: James Fernando

Editor: Leo Wisnu Susapto

Tim KPK Amankan Bupati Kuansing, Riau
Tim KPK Amankan Bupati Kuansing, Riau
Ilustrasi borgol. Ist

JAKARTA – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan delapan orang di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Bupati Kuansing, Andi Putra termasuk satu di antara mereka yang diamankan.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, operasi itu diduga berkaitan dengan dugaan penerimaan hadiah untuk izin perkebunan di sana. 

“Benar, Bupati Kuansing, ajudan dan beberapa pihak swasta. Beberapa informasi yang kami peroleh terkait dugaan korupsi penerimaan janji atau hadian terkait dengan perizinan perkebunan,” urai Ali Fikri, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/10).

Ali belum bisa merinci lebih jauh konstruksi hukum kasus tersebut. Alasannya, tim penyidik masih memeriksa delapan orang yang ditangkap itu.

Berdasarkan ketentuan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), tim lembaga antirasuah memiliki waktu 1x24 jam guna menentukan status hukum para pihak yang tertangkap tangan.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, tim penyidik sampai saat ini masih mengumpulkan bukti-bukti terkait kasus dugaan korupsi itu.  Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memintai keterangan para pihak yang terjaring operasi senyap tersebut.

"Betul KPK melaksanakan giat tangkap tangan di daerah Riau. KPK masih kerja, penyelidik dan penyidik masih di lapangan," kata Firli.

Sebagai informasi, berdasarkan laman elhkpn.kpk.go.id, Bupati Kuansing itu tercatat memiliki kekayaan senilai total Rp3.724.520.000. Andi tercatat menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) jenis Khusus-Akhir Menjabat pada 31 Maret 2021.

Rinciannya, terdiri dari delapan tanah dan bangunan yang tersebar di Kuansing senilai total Rp3,15 miliar. Dia juga tercatat memiliki alat transportasi senilai Rp860 juta yang terdiri dari dua mobil dan satu sepeda motor. Sehingga total asetnya mencapai Rp4,01 miliar.

Berdasarkan laporan itu, Andi Putra juga tercatat memiliki utang sebesar Rp285.480.000. Sehingga secara keseluruhan total kekayaan Andi Putra berdasarkan LHKPN teranyarnya berjumlah Rp3.724.520.000. 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER