Selamat

Kamis, 1 Desember 2022

NASIONAL | Validnews.id

NASIONAL

25 November 2022

18:54 WIB

Sura Dan Sulu, Maskot Pemilu 2024

Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diadakan KPU dimenangkan perempuan berusia 19 tahun bernama Stephanie. Maskot tersebut adalah bernama Sura dan Sulu.

Penulis: Aldiansyah Nurrahman,

Editor: Nofanolo Zagoto

Sura Dan Sulu, Maskot Pemilu 2024
Stephanie (19), mahasiswi program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang jadi juara Lomba Desain Maskot Pemilu 2024, Jumat (25/11/2022). ANTARA/Tri Meilani Ameliya.

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan lomba Maskot Pemilu 2024 dimenangkan oleh perempuan berusia 19 tahun bernama Stephanie. Maskot karya Stephanie berupa gambar dua burung Jalak Bali bernama Sura dan Sulu.

Anggota KPU RI August Mellaz mengatakan, Sura merupakan akronim dari Suara Rakyat dan Sulu, akronim Suara Pemilu yang betina. Sura adalah burung jantan dan Suru adalah burung betina.

Maskot pilihan KPU buatan mahasiswa semester III di Universitas Pradita program studi Desain Komunikasi Visual tersebut menggambarkan dua burung Jalak Bali berwarna mayoritas putih serta dilengkapi warna hitam, abu-abu, ungu, dan biru muda. Kedua maskot juga memegang alat coblos kotak suara.

Mellaz berkata, lomba Maskot Pemilu menjadi salah satu strategi sosialisasi Pemilu ke masyarakat. KPU yakin suksesnya penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 salah satunya ditentukan oleh tingginya tingkat partisipasi masyarakat. Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat semakin mencerminkan hasil pemilu yang sah. 

“Di setiap periode Pemilu, KPU dihadapkan pada tantangan dan dinamika yang berbeda. Lomba maskot adalah langkah nyata yang diambil KPU untuk menggerakkan semua pihak ikut terlibat dan mewujudkan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa,” tegas Mellaz, di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (25/11).

Maskot Pemilu 2024 adalah gambar atau rupa dua/tiga dimensi yang akan digunakan sebagai ‘Ikon Pemilu 2024’. Maskot Pemilu 2024 menggambarkan kepemiluan, simbol identitas branding KPU dalam melayani masyarakat menggunakan hak pilihnya, dan dibuat secara menarik, sehingga dapat membantu masyarakat mengenal, mengingat, dan akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Pemilu dan Pemilih Muda

Lomba Maskot Pemilu 2024 sendiri telah diadakan KPU dari 22 Agustus 2022 sampai 22 Oktober 2022. Tercatat 540 orang mengirimkan desain, dengan total desain yang diterima KPU sebanyak 681 karya. 

Maskot Pemilu 2024 rencananya akan diluncurkan bersamaan dengan Launching Jingle KPU pada kegiatan Konsolidasi Nasional KPU untuk Peningkatan Layanan Pemilu 2024, Jumat (2/12) di Beach City Entertainment Ancol Center (BCEC) Ancol.

Maskot Pemilu 2024 nantinya akan dimanfaatkan untuk menyasar segala golongan umur, sehingga tidak ada sekat pada media yang digunakan KPU dalam melakukan sosialisasi.

Stephanie mengaku memang ingin menunjukkan khas Indonesia. Karena itu burung khas Indonesia, Jalak Bali, dibuat sebagai maskotnya. 

"Kalau pakai makhluk hidup bisa lebih aktif dan lebih dekat dengan manusia jadi saya menggunakan makhluk hidup. Itu karena ada revisi dari beberapa pihak jadi saya ganti dengan burung Jalak Bali," ungkap perempuan memenangkan hadiah sebesar Rp30 juta ini.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER