Selamat

Sabtu, 16 Oktober 2021

14 Oktober 2021|14:50 WIB

Satpol Jakarta Wajib Jajan Di UMKM Tiap Jumat

Gerakan Jumat barokah. Apa yang dibeli lalu dibagikan ke orang lain

Oleh: Leo Wisnu Susapto

ImageIlustrasi petugas Satpol PP saat tertibkan prokes. ANTARA FOTO/Siswowidodo

JAKARTA - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta, Arifin, menganjurkan jajarannya untuk membeli produk dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jakarta, setiap hari Jumat.

"Program "Jumat Barokah" tujuannya untuk membantu pelaku UMKM Jakarta selama pandemi COVID-19, dengan membeli dagangannya.   Program ini sudah berjalan beberapa bulan," kata Arifin saat meninjau apel kesiapan Satpol PP Jakarta Barat menghadapi hujan di halaman kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis (14/10) seperti dikutip dari Antara.

Menurut Arifin, seluruh anggota Satpol PP dianjurkan membeli dagangan pedagang kecil di tepi jalan setiap hari Jumat. Setelah dibeli, barang dagangan itu dibagikan lagi kepada orang-orang yang membutuhkan. 

"Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, sekaligus membantuk citra Satpol PP lebih humanis," urai dia.

Arifin menyadari, selama ini masyarakat selalu berpandangan Satpol PP sebagai sosok yang arogan di lapangan, terutama saat menindak para pedagang kaki lima. "Padahal, kehadiran Satpol PP di lapangan bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," ungkap dia.

Arifin menjelaskan, program Satpol PP DKI Jakarta, selain Jumat Barokah, juga tengah melakukan pembenahan mulai dari cara menindak yang humanis hingga penggunaan kalimat yang baik kepada masyarakat.

Dengan pendekatan yang lebih humanis, Arifin berharap, keberadaan Satpol PP dapat diterima di tengah masyarakat. Masyarakat juga diharapkan bisa merasa aman jika bersinggungan dengan petugas Satpol PP.

"Pada akhirnya tugas kita ini melayani dan mengayomi masyarakat. Jadi sebisa mungkin kita melakukan hal tersebut," kata Arifin.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA