Selamat

Rabu, 1 Februari 2023

NASIONAL

26 Januari 2023

09:19 WIB

MRT Jakarta Minta Evaluasi Tarif Integrasi

Evaluasi tarif antarmoda karena hanya dua persen penumpaang yang menggunakannya.

Editor: Leo Wisnu Susapto

MRT Jakarta Minta Evaluasi Tarif Integrasi
Sejumlah pekerja melewati mesin tapping di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Senin (2/1/2023). Vali dNewsID/Fikhri Fathoni.

JAKARTA – Perseroan terbatas daerah (Perosda) Provinsi DKI Jakarta, PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menilai, tarif integrasi antarmoda dengan harga maksimal Rp10 ribu perlu dievaluasi kembali karena tak banyak penumpang memanfaatkan ketentuan itu.

"Dari sekian penumpang yang melanjutkan perjalanan dengan moda lain, hanya sekitar dua persen yang masuk kategori tarif integrasi. Oleh karena itu, ini harus dilaporkan kembali ke Pemprov DKI Jakarta, dalam hal ini dinas perhubungan untuk dilakukan reevaluasi," kata Tuhiyat di Jakarta, Rabu (25/1) seperti dikutip dari Antara.

Tarif integrasi sebesar maksimal Rp10 ribu untuk penggunaan lebih dari satu moda transportasi, yakni mencakup TransJakarta, MRT dan LRT Jakarta sejak Agustus 2022.

Tuhiyat menjelaskan, sejak tarif integrasi diberlakukan, MRT dan TransJakarta menjadi moda yang paling banyak digunakan, meskipun jumlahnya belum signifikan.

Pengguna transportasi lebih memilih menggunakan transportasi berbasis aplikasi daring untuk sampai ke tujuan akhir. Sebelumnya mereka menggunakan salah satu moda, baik itu MRT maupun TransJakarta.

"Rata-rata orang begitu naik TransJakarta, turun, langsung naik Gojek ke kantor atau sebaliknya. Sejauh ini yang paling terdampak dan terbesar adalah TransJakarta, karena MRT hanya 13 stasiun sedangkan TransJakarta seluruh halte," kata dia.

Tarif integrasi antarmoda berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 733 Tahun 2022 tentang Besaran Paket Tarif Layanan Angkutan Umum Massal.

Implementasi tarif integrasi berlaku untuk penggunaan lebih dari satu moda transportasi, yakni TransJakarta, MRT dan LRT Jakarta.

Bila pengguna hanya menggunakan satu moda saja, tarif yang berlaku akan sama dengan yang berlaku di masing-masing operator saat ini, sebut Tuhiyat.

Contohnya, bila hanya menggunakan TransJakarta, kata dia, penumpang tetap dikenakan Rp3.500. Jika ada kombinasi perjalanan TransJakarta dan MRT Jakarta, tarif integrasi akan diterapkan sehingga perhitungannya menjadi lebih terjangkau dari ongkos biasanya.

Target 2023
Pada tahun ini, MRT Jakarta menargetkan jumlah penumpang harian rerata 70 ribu orang. Sementara itu, realisasi 2022, sebanyak 53 ribu orang per hari.

"Target tahun ini seperti diminta Pemprov DKI Jakartacapai 70 ribu penumpang per hari," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Muhammad Effendi dalam acara Forum Jurnalis MRT di Jakarta, Rabu.

Effendi menjelaskan MRT Jakarta optimistis mencapai target tersebut. Apalagi, pemerintah telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan pandemi covid-19 yang sudah melandai.

Per Januari 2023, rata-rata penumpang per hari 83.617 orang. Tertinggi sebanyak 103.110 orang pada masa libur Tahun Baru 2023.

Sebagai upaya mencapai target tersebut, MRT Jakarta bermitra dengan sejumlah perusahaan transportasi. Mereka membantu akses masyarakat menuju stasiun MRT dengan angkutan pengumpan (feeder). Yakni, Grab, Gojek, Bluebird, PPD, startup Tebengan dan Swoop. Ada fasilitas berbagai promo agar penumpang dapat menggunakan angkutan pengumpan menuju stasiun MRT.

"Kita ambil mana kantong-kantong perumahan yang ada di sekitar Jakarta Selatan, seperti Pondok Cabe, Sawangan, ada 30 titik sehingga mitra kami membawa penumpang MRT dari depan kompleks perumahannya ke stasiun MRT," kata Effendi.

Selain itu, MRT yakin, kebijakan Pemprov DKI Jakarta, seperti ganjil-genap, kenaikan tarif parkir, hingga jalan berbayar elektronik atau ERP akan mendorong publik beralih ke transportasi umum. 

Effendi sampaikan, sepanjang 2022, MRT berhasil mencatatkan jumlah penumpang rata-rata per hari 53 ribu orang atau melebihi target yang ditetapkan sebesar 50 ribu orang. Sebelumnya, pada 2021, rerata jumlah penumpang sebesar 19.659 per hari.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER