c

Selamat

Jumat, 26 April 2024

NASIONAL

05 Oktober 2022

20:47 WIB

Menpan RB Nilai Mal Pelayanan Publik Di Surabaya Perlu Dicontoh

Mal Pelayanan Publik merupakan etalase dari pelayanan publik

Editor: Nofanolo Zagoto

Menpan RB Nilai Mal Pelayanan Publik Di Surabaya Perlu Dicontoh
Menpan RB Nilai Mal Pelayanan Publik Di Surabaya Perlu Dicontoh
Menpan RB Abdullah Azwar Anas saat meninjau mal pelayanan publik di Gedung Siola, Surabaya, Jatim, Rabu (5/10/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

SURABAYA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, menilai mal pelayanan publik di Kota Surabaya, Jatim, perlu dicontoh daerah lain di Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi mewahnya dan cepatnya Mal Pelayanan Publik di Surabaya ini," kata Menpan saat berkunjung di Mal Pelayanan Publik, Siola, Surabaya, seperti dilansir Antara, Rabu (5/10).

Saat berkunjung, Menteri Anas didampingi langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono.

Di Mal Pelayanan Publik tersebut, dia meninjau beberapa konter pelayanan dari berbagai instansi. Bahkan, dia juga sempat menyapa warga yang sedang mengurus perizinan dan memanfaatkan kemudahan pelayanan di tempat tersebut.

"Saya lihat ini sudah ada wajah baru, termasuk sudah ada klinik investasinya dan juga beberapa pelayanan barunya,” kata Menteri Anas.

Bagi Menpan RB, Mal Pelayanan Publik itu adalah mandat dari Presiden, lantaran merupakan etalase dari pelayanan publik. Presiden juga sudah menyampaikan kepada Kemenpan RB bahwa reformasi birokrasi itu bukan tumpukan kertas dan tidak boleh dipersulit.

"Nah, Mal Pelayanan Publik ini dampaknya langsung terasa bagi warga, apalagi Mal Pelayanan Publik yang pertama di Indonesia itu dimulai dari Jawa Timur," ujar dia.

Oleh karena itu, dia berharap ke depannya kabupaten atau kota harus memiliki Mal Pelayanan Publik semacam ini. Namun tidak harus semewah yang ada di Surabaya.

"Kalau di Surabaya ini top, tempatnya nyaman dan sangat bagus. Bahkan, saya tanya ke warga yang mengurus di sini, ternyata prosesnya cepat dan sangat puas. Jadi, ini perlu dicontoh daerah lainnya bagaimana pelayanan yang exellent bagi warganya," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, Menteri Anas datang ke Surabaya untuk melihat langsung Mal Pelayanan Publik yang saat ini sudah berubah total dengan wajah barunya. 

"Jadi, beliau ini mendadak tadi, tiba-tiba telpon saya sudah di Surabaya dan mau ke Mal Pelayanan Publik. Beliau mengaku ingin mengecek langsung Mal Pelayanan Publik ini. Setelah di sini, alhamdulillah beliau kaget karena memang sekarang sudah berubah total. Kini lebih nyaman dan ada klinik investasinya juga, pengurusannya juga bisa lebih cepat," kata Wali Kota Eri.

Ke depan, Wali Kota Eri ingin membentuk Mal Pelayanan Publik di tingkat kelurahan. Sebab sekarang sudah ada pelayanan di Balai RW yang semakin mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada warga. 

"Makanya, semua Balai RW di Surabaya saat ini kita minta perbaiki semuanya," ujar dia.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar