Selamat

Senin, 8 Agustus 2022

NASIONAL | Validnews.id

NASIONAL

05 Juli 2022

12:36 WIB

MA Rekrut Hakim Ad Hoc Tipikor

MA rekrut hakim ad hoc tipikor di pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding

Editor: Leo Wisnu Susapto

MA Rekrut Hakim Ad Hoc Tipikor
Ilustrasi-Palu hakim. Ist.

JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) membuka rekrutmen buat hakim ad hoc bagi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Rekrutmen itu diumumkan oleh panitia seleksi calon hakim ad hoc tipikor tahap XVII tahun 2022 melalui media massa, pada Selasa (5/7). Pansel dipimpin oleh Ketua Kamar Pidana MA, Suhadi.

"Rekrutmen ini untuk menjaring hakim ad hoc tipikor di pengadilan tingkat pertama dan banding," demikian isi pengumuman itu.

Melalui pengumuman itu, pansel menguraikan sejumlah syarat. 

Yakni, Warga Negara Indonesia berumur minimal 40 tahun pada saat pendaftaran. Merupakan sarjana hukum atau sarjana lain dan berpengalaman di bidang hukum minimal 15 tahun. Bidang hukum yang dimaksud adalah hukum keuangan dan perbankan, hukum administrasi, hukum pertanahan, hukum pasar modal dan hukum pajak.

Kemudian, bukan pengurus dan anggota partai politik, tidak pernah melakukan perbuatan tercela dan tidak pernah dipidana berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Serta, wajib melaporkan harta kekayaan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Juga, bersedia melepaskan jabatan lain selama menjabat jadi hakim ad hoc tipikor dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Pelamar membuat surat lamaran kepada Ketua MA. Surat lamaran dikirimkan beserta sejumlah surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah.

Juga, surat keterangan tidak pernah dihukum dari pengadilan negeri setempat. Ditambah surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Pansel sampaikan, persyaratan tidak diperlukan bagi pelamar yang pernah mengikuti seleksi tahap XVII tahun 2022 dan dinyatakan lulus administrasi. Namun, tetap membuat surat lamaran dan pas foto terbaru.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses http://adhoc.mahkamahagung.go.id. Pendaftaran dibuka mulai 5 Juli 2022 hingga 4 Agustus 2022.

Selanjutnya, setelah mendaftar secara online, peserta mengirimkan seluruh persyaratan administrasi dalam amplop tertutup warna cokelat polos. Amplop tersebut diserahkan pada pansel daerah di pengadilan tinggi. 

Pelamar mencantumkan kode dan nomor telepon/HP pada sudut kanan atas amplop tersebut. Kode 'PN' diikuti nomor telepon/HP untuk hakim ad hoc tipikor pada pengadilan tingkat pertama. Kemudian, kode 'PT' untuk pelamar hakim ad hoc tingkat banding. Berkas tersebut harus diterima pansel daerah paling akhir 5 Agustus 2022.

Pansel akan mengumumkan pelamar yang lolos tahap seleksi administrasi di laman, mahkamahagung.go.id dan media sosial MA, juga program MA News di Kompas TV.

Pansel juga sampaikan, mereka yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi tertulis. Lalu, ada tahapan profile assessment, dan wawancara.

"Saat seleksi tertulis, pansel menyilakan peserta untuk membuka buku," lanjut Suhadi.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER