20 Desember 2023
18:08 WIB
Penulis: Aldiansyah Nurrahman
Editor: Nofanolo Zagoto
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyebutkan, sepanjang 2023 layanan pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional-Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Sp4n-Lapor!) menerima sebanyak 2,2 juta laporan dari masyarakat.
Plt. Deputi Bidang Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Herman mengatakan, 2,2 juta laporan yang dihimpun untuk kemudian laporan itu direspons dengan cepat.
"Jadi ini sistem terintegrasi yang terukur untuk menampung seluruh keluhan masyarakat dengan solusinya," jelasnya dalam acara 3rd Annual Workshop Kinerja Peta Jalan Sp4n-Lapor, di Mandarin Oriental Jakarta, Jakarta, Rabu (20/12).
Dia menyebutkan dari hasil survei kepuasan pengguna menunjukkan sebanyak 73,7% pengguna merasa puas terhadap layanan Sp4n-Lapor!. Sebanyak 84% menyatakan akan terus menggunakan layanan tersebut.
"Ini menjadi tanda dan kepercayaan kebermanfaatan Sp4n-Lapor! yang semakin baik," imbuhnya
Herman mengatakan, Sp4n-Lapor! terhubung dengan 679 instansi pemerintah, terdiri 34 kementerian, 101 lembaga, dan 544 pemda.
Sementara itu, Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik, Yanuar Ahmad mengatakan, pengguna Sp4n-Lapor! didominasi milenial dan gen Z atau usia 17-35 tahun.
"Jenis laporan yang terbanyak itu masih masalah ketertiban, keamanan, dan juga kependudukan, serta masalah kesehatan," pungkasnya.