Selamat

Rabu, 1 Februari 2023

NASIONAL

26 Januari 2023

11:20 WIB

Kemenaker Sebut Tiga Keuntungan Magang Di Luar Negeri

Magang di luar negeri mesti digunakan sebaik mungkin untuk belajar dan meningkatkan kualitas.

Editor: Leo Wisnu Susapto

Kemenaker Sebut Tiga Keuntungan Magang Di Luar Negeri
Ilustrasi permohonan membuat paspor. Pemohon melakukan proses foto di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang, Jawa Tengah, Selasa. Antara Foto/Oky Lukmansyah

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemenaker) Anwar Sanusi menguraikan, ada tiga manfaat langsung yang diperoleh para pemagang di luar negeri.

“Magang ke luar negeri seperti Jepang adalah salah satu jembatan untuk meningkatkan keterampilan,” urai dia saat menyampaikan sambutan pada acara Peringatan 27 Tahun PT OS Silnajaya Indonesia dan Pelepasan Peserta Program Pengembangan Kualitas SDM Ke Luar Negeri di Jakarta, Rabu (25/1).

Dia menambahkan, saat magang, mereka menerima bimbingan tenaga ahli dan berpengalaman secara langsung di Jepang.

Manfaat pertama saat magang di luar negeri, sebut dia, pemagang menerima insentif atau penghasilan yang layak. Kedua, pertemanan yang dapat menjadi jejaring untuk mengarungi masa depan. Ketiga, pengalaman kerja.

"Oleh karena itu manfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya. Ada banyak kisah-kisah sukses dari kenshushei (magang di Jepang)," papar Anwar Sanusi seperti dikutip dari laman kemnaker.go.id.

Menurut Anwar, begitu besarnya manfaat magang luar negeri tentunya juga sebanding dengan tantangan yang tidak mudah. Utamanya terkait adaptasi dengan budaya setempat.

"Di sana kita akan dididik untuk dapat memaksimalkan segala potensi yang dimiliki. Untuk itu, anda harus bisa adaptasi dengan bahasa dan budaya setempat," urai dia.

Kemenaker menilai, pemagangan menjadi strategi yang paling jitu dan strategis dalam meningkatkan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia agar dapat terserap dalam pasar kerja global. 

Pemagangan di industri merupakan metode paling efektif dalam meningkatkan keterampilan. Sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Selain kompetensi teknis, pemagangan juga menjadi konkret meningkatkan keterampilan kerja, juga adaptasi etos kerja (soft skill). Hal terakhir menjadi unsur penting yang dibutuhkan dalam dunia kerja.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER