c

Selamat

Sabtu, 20 April 2024

NASIONAL

03 Oktober 2022

19:31 WIB

Ini Daftar Nama Anggota TGIPF Yang Usut Tragedi Kanjuruhan

Output dari TGIPF kata Mahfud MD akan disampaikan ke Jokowi untuk penilaian kebijakan keolahragaan nasional, khususnya persepakbolaan secara menyeluruh

Penulis: Gisesya Ranggawari,Aldiansyah Nurrahman,

Editor: Nofanolo Zagoto

Ini Daftar Nama Anggota TGIPF Yang Usut Tragedi Kanjuruhan
Ini Daftar Nama Anggota TGIPF Yang Usut Tragedi Kanjuruhan
Menko Polhukam) Mahfud MD (ketiga kiri). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengumumkan daftar nama anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengusut tragedi sepakbola di Kanjuruhan, Malang yang menyebabkan 125 orang kehilangan nyawa.

Ia mengungkapkan nama anggota TGIPF sebelumnya sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan telah disetujui.

TGIPF akan dipimpin oleh dirinya. Kemudian wakil ketua TGIPF dijabat oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali dan sekretaris TGIPF dijabat oleh mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum Nur Rochmad.

Sementara anggota TGIPF antara lain, Akademisi Universitas Indonesia Rhenald Kasali, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Sumaryanto, Pengamat Sepak Bola Akmal Marhali, Jurnalis Kompas Anton Sanjoyo, mantan Pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Nugroho Setiawan yang memiliki lisensi FIFA.

Kemudian mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo, Wakil Ketua Umum 1 KONI Mayjen (Purn) Suwarno, mantan Wakapolda Kalimantan Barat Irjen (Purn) Sri Handayani, mantan Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif kemitraan, dan mantan pemain Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto. 

“Jumlah tim ada tiga pimpinan, ada 10 anggota, sehingga ada 13,” jelasnya menegaskan, dalam konferensi pers via virtual, Senin (3/10).

Mahfud menjelaskan output dari TGIPF akan disampaikan ke Jokowi untuk penilaian kebijakan keolahragaan nasional, khususnya persepakbolaan secara menyeluruh. Selain itu, mungkin saja dari hasil TGIPF ini ditemukan pelaku-pelaku tindak pidana selain yg telah ditangani oleh Polri sekarang.

“Mungkin saja ditemukan dari yang sudah diselidiki ini, ada tindak pidana yang dilakukan oleh orang yang lebih besar di luar lapangan atau kesalahan yang sengaja dilakukan oleh orang yang ada dibalik yang sekarang terlihat itu,” ujarnya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar