Selamat

Selasa, 5 Juli 2022

NASIONAL | Validnews.id

NASIONAL

23 Mei 2022

11:11 WIB

Indonesia Bahas Pemulihan Usai Pandemi Covid-19 di GPDRR 2022

Indonesia ajak peserta GDPRR 2022 memikirkan langkah setelah bencana untuk diterapkan bersama.

Editor: Leo Wisnu Susapto

Indonesia Bahas Pemulihan Usai Pandemi Covid-19 di GPDRR 2022
Forum GDPRR 7th 2022 di Bali. aptika.kominfo.go.id

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali menempatkan pemulihan situasi usai pandemi covid-19 sebagai target utama untuk dibahas.

"Target pertama lebih ke pemulihan usai covid-19,” urai Muhadjir dalam siaran pers, Senin (23/5).

Kemudian dia melanjutkan, target kedua, meningkatkan kesadaran publik dalam penanggulangan bencana. Selanjutnya, target ketiga melibatkan elemen penting pentahelix dalam pengurangan risiko bencana. Lalu, target keempat menunjukkan praktik baik yang sudah Indonesia lakukan dalam menangani bencana.

Ia mengatakan sejumlah target yang ingin dicapai, mulai dari kesepakatan bersama dalam menentukan strategi mitigasi pandemi hingga meningkatkan kesadaran publik terkait pengurangan dan penanggulangan risiko bencana.

Menurut Muhajir, Forum GPDRR merupakan momentum untuk memperkuat pengurangan risiko dan penanggulangan bencana melalui pembahasan banyak hal terkait topik kebencanaan secara global maupun nasional.

Selain pemulihan situasi usai pandemi, katanya, topik lain yang juga masuk dalam pembahasan forum adalah tata kelola risiko bencana dan investasi risiko bencana.

GPDRR 2022 akan digelar pada 25 hingga 27 Mei 2022 bertempat di Nusa Dua, Hall BNDCC, Bali. Forum tersebut akan diikuti 4.091 delegasi dari 193 negara. 

Sebanyak 3.001 delegasi di antaranya hadir secara langsung dan 1.096 delegasi lainnya melalui platform daring.

"Dengan dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah forum internasional ini, menjadi momentum untuk memperkuat mitigasi, praktik baik pengurangan risiko bencana, termasuk penanggulangan bencana secara global dan nasional," lanjut Muhadjir seperti dikutip dari Antara.

Sebelum kegiatan Forum GPDRR tersebut dimulai, sambung Muhadjir, akan ada kegiatan penanaman 10 juta pohon pada 34 provinsi di Indonesia. Kegiatan itu sebagai wujud aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental mendukung Forum GPDRR.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER

DKI Larang Pedagang Jual Hewan Kurban Di Trotoar

Huawei Rilis Varian Nova 10 Series

Menteri Basuki Ingatkan Aspek Konstruksi Proyek Tol Semarang-Demak

Presiden Ingatkan Rakyat Awasi Kinerja Polri

BKKBN Fokus Tekan Angka Stunting Indonesia Dengan Kolaborasi

MA Rekrut Hakim Ad Hoc Tipikor

Emas Antam Mentok Di Level Rp989.000/gram

Jam Malam Anak Efektif Di Yogyakarta