c

Selamat

Kamis, 25 April 2024

NASIONAL

03 Desember 2022

17:42 WIB

Gempa Garut Magnitudo 6,4 Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M 6,4 menguncang Garut pada Sabtu pukul 16.49 WIB

Editor: Nofanolo Zagoto

Gempa Garut Magnitudo 6,4 Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa Garut Magnitudo 6,4 Tidak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi gempa bumi. Shutterstock.dok

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa magnitudo 6,4 yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (8/12) sore tidak berpotensi tsunami.

Dalam keterangannya BMKG melaporkan gempa M 6,4 memiliki pusat gempa di darat pada kedalaman 118 kilometer. Jarak episenter gempa berada 52 kilometer barat daya Kabupaten Garut.

Titik gempa juga berada 54 kilometer barat daya Kabupaten Bandung, 66 kilometer Kota Bandung, 67 kilometer Kabupaten Tasikmalaya serta 167 kilometer tenggara Jakarta.

Gempa terjadi pada Sabtu pukul 16.49 WIB dan dirasakan getarannya di wilayah Garut, Ciamis, Kalapanunggal, Sumur, Tasikmalaya dan Pamoyanan.

Getaran gempa ini membuat panik warga Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Getaran gempa hampir dirasakan oleh seluruh warga Sukabumi, namun kami belum menerima informasi dampak kerusakan dari gempa tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Whardani, Sabtu (3/12).

Sementara, warga Kampung Cibodas, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Yanto mengatakan, getaran gempa itu membuat tiang listrik yang berada di depan rumahnya bergoyang.

Koordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana PMI Cianjur, Fajar Aciana juga mengatakan, getaran gempa cukup keras terasa meski pusat gempa terjadi di Kabupaten Garut. Puluhan relawan yang sedang bertugas melakukan pendataan dan pelayanan kesehatan di Markas PMI Cianjur, berhamburan keluar karenanya.

"Gempa Garut cukup kencang dirasakan terlebih mereka yang berada di dalam ruangan, langsung berhamburan keluar ruangan, kami pikir gempa susulan kembali terjadi dengan lokasi Cianjur," katanya, seperti dilansir Antara.

Pihaknya langsung berkoordinasi dengan posko terpusat Pemkab Cianjur, terkait dampak gempa yang dirasakan sekitar 10 detik itu. PMI juga masih menangani dampak gempa yang terjadi.

"Kami masih melakukan koordinasi dan mengirim relawan ke lapangan untuk melakukan pendataan, semoga gempa Garut ini, tidak membuat warga Cianjur bertambah trauma," katanya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar