Selamat

Minggu, 25 Juli 2021

POLITIK

22 Juli 2021|16:35 WIB

Ari Kuncoro Mesti Lepas Jabatan Rektor UI

Meski sudah mengundurkan diri dari komisaris BRI

Penulis: Herry Supriyatna,

Editor: Leo Wisnu Susapto

ImageIlustrasi perguruan tinggi. Ist

JAKARTA – Ketua Asosiasi Ilmuan Praktisi Hukum Indonesia, Azmi Syahputra menilai, Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro yang rangkap jabatan di BUMN, harus meletakkan jabatannya atau mengundurkan diri dari UI.

Setelah rangkap jabatannya menjadi polemik, Ari mengundurkan diri sebagai komisaris di PT Bank Rakyat Indonesia Persero (BRI).

“Harusnya, sejak awal bisa menentukan posisi yang dipilih, sadar posisi, dan tidak berkelit dengan berbagai dalih yang sebenarnya tidak relevan demi menjaga integritas,” urai Azmi melalui keterangan tertulis, Kamis (22/7).

Menurut dia, publik kadung berpandangan sikap pimpinan UI telah merubuhkan etika dan tidak mampu memperlihatkan kualitas. Maka seketika, pemimpin dianggap telah melakukan ketidakadilan dan adanya anomali moral jabatan publik.

"Karenanya sebagai salah satu ciri dari komunitas yang menjunjung etika dan kebenaran ilmiah, Rektor UI harus letakkan jabatannya. Apalagi diketahui sikap mundurnya dari komisaris karena desakan publik, bukan kesadaran diri sejak awal," imbuh Azmi.

Dia juga mengingatkan, pemerintah lebih teliti dan hati-hati merevisi sebuah aturan dan tidak membuat secara asal. Sebab, ketentuan yang dibuat secara asal-asalan akan menimbulkan kekacauan saat diterapkan.

"Perubahan Statuta UI tidak sebagai alat pembenar pelanggaran selama ini. Jika ada pelanggaran statuta, tidak selesai hanya dengan mengubah, tapi harus taat asas, memahami makna tujuan UU Pendidikan Tinggi," kata dia.

BRI mengumumkan pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Komisaris BRI hari ini. Pemegang saham BRI menerima pengunduran diri itu. Pemegang saham dan manajemen BRI juga menegaskan komitmen untuk menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik.

Ari Kuncoro merupakan alumnus Fakultas Ekonomi UI angkatan 1981. Dia satu angkatan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ari juga dikenal sebagai suami dari Kepala Lembaga Penjamin Simpanan, Lana Soelistyaningsih.

Ari lulus sarjana dengan konsentrasi ekonomi moneter. Dia juga menyandang gelar master of arts dari University of Minnesota serta Ph.D bidang ilmu ekonomi dari Brown University, Amerika Serikat.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER