Selamat

Jumat, 24 September 2021

08 September 2021|15:56 WIB

Twitter Uji Coba Tampilan Baru Mirip Instagram

Cara untuk bersaing dengan kepopuleran media sosial lain

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageTwitter. Pixabay/dok

JAKARTA – Setelah kontroversi algoritma pemotongan gambar yang secara informal terbukti menghadirkan bias terhadap orang berkulit gelap, Twitter terus melakukan perubahan.

Sebelumnya, perubahan dilakukan Twitter dengan berupaya menampilkan gambar atau foto secara penuh di timeline penggunanya. Kini perubahan lebih signifikan kembali mereka lakukan dalam tampilan gambar.

Diumumkan melalui akun resmi Twitter Support, perubahan kini muncul lewat apa yang mereka sebut sebagai edge to edge Tweets atau Tweet ujung ke ujung.

"Tweet ujung ke ujung yang membentang sepanjang garis waktu, sehingga foto, GIF, dan video Anda dapat memiliki lebih banyak ruang untuk bersinar," tulis Twitter dalam pengumumannya.

Sesuai namanya, perubahan itu akan menghadirkan pengalaman baru. Yakni sebuah tampilan foto yang benar-benar penuh mengisi dari ujung layar kanan ke layar kiri ponsel penggunanya, tanpa menyisahkan ruang apapun seperti sebelumnya. Secara gampang, tampilan foto atau video tersebut mirip dengan apa yang dihadirkan oleh Instagram.

Pengguna Twitter nantinya tak perlu lagi menekan (klik) foto yang ingin mereka lihat, agar tampil dalam ukuran penuh tersebut. Sebab logo akun yang sebelumnya ada di samping kiri atas foto, dalam tampilan edge to edge Tweets, akan secara default berada di atas foto atau video yang diunggah penggunanya ke timeline.

Dikutip dari Endgadget, perubahan yang masih dalam tahap uji coba ke beberapa pengguna ponsel berbasis iOS ini, juga dilakukan Twitter karena ingin membawa pengguna mereka untuk lebih banyak fokus ke konten.

Sebab, belakangan mulai lebih banyak pengguna yang menggunakan Twitter untuk berbagi foto, gif atau video di media mereka. Perubahan ini juga diyakini dapat membantu Twitter untuk terus bersaing melawan kepopuleran Instagram, TikTok, dan jejaring sosial berbasis citra lainnya.

"Anda mungkin memiliki insentif yang lebih kuat untuk mengunggah di Twitter jika Anda tahu orang-orang lebih cenderung melihat (dan menghargai) foto Anda," sebut Twitter.

Belum jelas hingga kapan uji coba akan dilakukan secara terbatas oleh Twitter. Sampai akhirnya mulai meluncurkan tampilan penuh ke semua penggunanya. 

Tetapi yang pasti, selain uji coba tersebut, hari ini, Rabu (8/9), Twitter juga baru saja menguji peluncuran salah satu fitur dari rangkaian alat privasi baru yang mereka kembangkan, yaitu kemampuan untuk menghapus pengikut (followers) tanpa memblokirnya.

Fitur hapus pengikut saat ini sedang diuji Twitter kepada pengguna berbasis web, dan memperkenalkannya sebagai fitur dengan nama blok lunak (soft block).

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA