Selamat

Senin, 23 Mei 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

16 Februari 2022

08:48 WIB

Tren Podcast Masih Akan Terus Bertumbuh

Podcast masih menjadi tren media hiburan alternatif masyarakat Indonesia. Makin digemari, menjadikan tren podcast akan terus bertumbuh.

Editor: Satrio Wicaksono

Tren Podcast Masih Akan Terus Bertumbuh
ilustrasi mik dan mixer podcast. Freepik/dok.

JAKARTA – Riset Global World Index (GWI) pada kuartal ketiga 2021 menunjukkan, Indonesia menjadi negara dengan pendengar podcast terbanyak di Asia Tenggara, dan menempati posisi kedua secara global. Kondisi ini membuktikan bahwa industri audio digital di tanah air sedang memasuki puncak kejayaan.

Hal tersebut diperkuat lagi dengan semakin beragamnya aplikasi yang bermunculan untuk streaming audio selain musik dan beragamnya jenis konten, serta kreator yang bertumbuh dari waktu ke waktu.

"Kita belum mencapai peak, justru kita ini sedang menuju ke arah peak itu (puncak kejayaan audio digital)," kata Chief Business Officer (CBO) Noice, Niken Sasmaya, dikutip dari Antara, Rabu (15/2).

Niken mengatakan alasan podcast kian digemari setelah dua tahun pandemi berlangsung karena masyarakat mencari alternatif hiburan yang bisa dinikmati tanpa harus melihat layar. Bahkan menurutnya platform untuk audio digital semakin dicari, karena masyarakat dapat menikmatinya bahkan ketika sedang bekerja di rumah. 

Baca juga: Screen Fatigue Bikin Podcast Makin Digemari

Tentunya kondisi itu berbeda dengan konten visual seperti video pendek dan vlog yang membutuhkan waktu untuk penggunanya melihat layar.

"Ketika orang- orang butuh hiburan di sela- sela kegiatan multitasking-nya, di masa pandemi ternyata konten audio ini hadir mengisi ruang itu. Konten audio juga cukup cocok untuk orang yang ingin menikmati konten sambil berbaring dan rileks tanpa perlu melihat layar," kata Niken.

Dengan potensinya yang diperkirakan masih terus berkembang, Noice sebagai platform audio digital besutan anak bangsa tak mau ketinggalan momen ini. 

Baca juga: Sekarang Pengguna Bisa Beri Nilai Pada Podcast Di Spotify

Tidak hanya menyiapkan wadah untuk konten berbentuk podcast, Noice juga menghadirkan konten lainnya berbentuk audio book bahkan siaran langsung yang bisa disiapkan oleh para kreator konten audio.

"Noice berharap ketika mencapai peak-nya (industri audio digital di Indonesia), masyarakat bisa mengenal Noice untuk menjadi platform penyedia konten audio," kata Niken.

Terkait puncak dari kejayaan audio digital di Indonesia diperkirakan masih akan bertumbuh mengingat semakin banyak kreator konten yang bermunculan dan membawa ide baru misalnya seperti kearifan lokal dan menjadi angin segar bagi keragaman konten industri kreatif di tanah air.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER