Selamat

Senin, 26 Juli 2021

SENI & BUDAYA

19 Juli 2021|14:12 WIB

“Titane” Raih Palme d’Or Di Festival Film Cannes 2021

Docournau menjadi sutradara perempuan kedua yang berhasil memenangkan Palme d’Or.

Penulis: Andesta Herli Wijaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageFilm Titane (2021). Sumberfoto: IMDb/dok

JAKARTA – Sutradara perempuan dari Prancis, Julia Docournau tampil bersinar di malam puncak Festival Cannes 2021, Sabtu (17/7). Filmnya yang berjudul “Titane” meraih Palme d’Or sebagai film terbaik di festival tahun ini. 

Docournau menjadi sutradara perempuan kedua yang berhasil memenangkan Palme d’Or. Penghargaan ini terakhir kali dimenangkan sutradara perempuan oleh Jane Campion pada tahun 1993 untuk filmnya berjudul “The Piano”.

Film “Titane” menawarkan arus baru yang memadukan kengerian khas genre thriller dengan berbagai isu kemanusiaan hingga kesetaraan gender. 

Sebagian orang menganggap film ini menghilangkan batas hitam-putih yang ada di kehidupan manusia heteroseksual sekaligus menawarkan cara pandang alternatif. 

Dalam sambutannya, Ducournau menyampaikan bahwa dia tumbuh dan mengamati penyelenggaraan Festival Film Cannes dari tahun ke tahun. Sebagai penonton, selama ini ia memandang setiap film pemenang adalah film sempurna. Namun, pandangannya kini tidak lagi sama.

”Saat itu (menonton penghargaan Cannes), saya yakin semua film yang dianugerahkan pasti sempurna karena berada di atas panggung. Dan malam ini, saya berada di panggung yang sama, tetapi saya tahu film saya tidak sempurna. Tetapi saya pikir tidak ada film yang sempurna di mata orang yang membuatnya. Anda bahkan bisa mengatakan milik saya mengerikan,” ucap Ducournau, dikutip dari Variety.

Meski begitu, Ducournau berterima kasih kepada juri festival karena sudah merangkul keragaman dalam ekspresi film.

Sementara itu, penghargaan Grand Prix dimenangkan oleh film berjudul "A Hero" karya sutradara asal Iran, Asghar Farhadi dan film "Compartment No. 6" karya sutradara asal Finlandia, Juho Kuosmanen.

Kategori Aktris Terbaik diberikan kepada pemeran asal Norwegia, Renate Reinsve, untuk perannya di film “The Worst Person in the World”. 

Sementara kategori Aktor dimenangkan oleh aktor Amerika Caleb Landry Jones untuk perannya di film “Nitram”.

Selanjutnya, kategori sutradara atau Sutradara Terbaik dimenangkan oleh Leos Carax untuk filmnya berjudul "Annette", film musikal tragis tentang pasangan selebriti. Hadiah Skenario Terbaik diberikan kepada Sutradara Jepang Ryûsuke Hamaguchi film adaptasi berdurasi tiga jam "Drive My Car".

Kategori penulis skenario/ sutradara dimenangkan Nadav Lapid untuk film “Ahed’s Knee” dan Apichatpong Weerasethakul untuk filmnya “Memoria”. Keduanya meraih kategori Hadiah Juri.

Terakhir, hadiah fitur pertama Cannes yang bergengsi, Camera d'Or, diberikan kepada “Murina” karya Antoneta Alamat Kusijanovi.

Penjurian Cannes 2021 dipimpin oleh presiden juri, Spike Lee. Uniknya, komposisi juri tahun ini didominasi oleh perempuan, diantaranya sutradara Prancis-Senegal, Mati Diop; pembuat film Amerika, Maggie Gyllenhaal; sutradara Austria, Jessica Hausner; sutradara Prancis, Mélanie Laurent; sutradara Brasil, Kleber Mendonça Filho; aktor Prancis, Tahar Rahim; aktor Korea Selatan, Song Kang-ho; dan penyanyi Prancis, Mylene Farmer.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA