Selamat

Rabu, 20 Oktober 2021

13 Oktober 2021|10:50 WIB

Tips Merawat Mobil Pick Up Untuk Lancarnya Bisnis

Dengan terus terjaganya kendaraan niaga ini, tentu akan membuat bisnis Anda tetap lancar

Oleh: Rendi Widodo

ImageIlustrasi perawatan kendaraan pick up. Dok. Antara

JAKARTA – Sebagai kendaraan niaga, pick up pada dasarnya adalah kendaraan yang tidak terlalu rumit soal perawatannya, meski demikian kendaraan jenis ini tetap perlu perawatan dan pemahaman fungsi yang baik agar lebih tahan lama.

Bagi Anda yang baru saja memiliki kendaraan pick up untuk keperluan bisnis dan niaga, tak ada salahnya memahami lebih jauh tentang kendaraan ini. Dengan pemahaman yang baik, tentu masa pakai sebuah pick up akan lebih panjang untuk menopang bisnis.

Suzuki sebagai salah satu produsen mobil pick up populer di Indonesia lewat Carry Pick Up nya, akan memberikan beberapa tips untuk merawat pick up. Berikut tips-tipsnya seperti dikutip dari Antara, Rabu (13/10).

Rawat kondisi ban
Pemilik diharapkan selalu melakukan perawatan pada bagian ban atau roda, kegiatan itu juga dapat dilakukan sebelum kendaraan digunakan. Perhatikan tekanan udara pada ban sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku Pedoman Pemilik Kendaraan.

"Kegiatan itu dilakukan agar tetap menjaga performa traksi ban tetap optimal yang sekaligus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan fungsi pengereman. Pastikan juga cek ketebalan permukaan tapak ban atau sesuai rekomendasi," kata Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi.

Rawat kinerja pengereman dan kopling
Bagian yang terpenting dalam sebuah kendaraan agar tetap selamat adalah pada bagian pengereman dan kopling. Pengendara dapat memperhatikan kinerjanya melalui langkah termudah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.

Sebagai kendaraan yang aktif setiap hari dengan beban kerja lebih berat ketimbang mobil pribadi, kendaraan pick up tentu lebih menguras masa pakai part seperti rem dan kopling.

Sadar bobot bawaan
Kapasitas bak New Carry Pick-Up yang besar memang sangat menguntungkan bagi pengendara, namun cara penempatan barang di bak memberi pengaruh cukup signifikan jika dilakukan dengan baik. 

Triknya adalah letakkan barang yang berbobot lebih berat pada bagian terdepan dari bak muatan, dan barang berbobot lebih ringan pada bagian paling belakang.

Trik pembagian beban tersebut dapat menjaga kestabilan kendaraan saat digunakan. Suzuki menyarankan kepada pengendara untuk tidak mengangkut barang melebihi batas berat maksimal 1 ton dan tidak membawa muatan yang bentuknya melebihi panjang dan ketinggian kendaraan.

Hindari manuver ekstrem seperti mobil biasa
Saat sarat bawaan, tentu kendaraan pick up tidak akan selincah saat kosong. Kaki-kakinya yang juga didesain untuk menahan bobot bawaan, tidak memiliki fitur manuver selayaknya mobil biasa.

Untuk keselamatan, alangkah baiknya jika Anda menghindari manuver-manuver dalam kecepatan tinggi saat mengangkut barang.

Hindari membawa material mudah terbakar
Membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar dapat menimbulkan potensi bahaya bagi pengendara dan penumpang, misal bensin, solar, oli, minyak sayur dan chemical cairan lainnya. Penyimpanan yang tidak baik dapat menyebabkan kebocoran atau tumpah.

Hal ini tak hanya membahayakan pengendara dan mobil, tapi juga bisa membahayakan kendaraan lain di jalan.

Perawatan berkala di bengkel resmi
Hampir setiap mobil memiliki panduan jadwal servis rutin, tak terkecuali pick up. Jangan lewatkan perawatan rutin ke bengkel resmi untuk mendapatkan pelayanan maksimal. Hindari perawatan di luar bengkel resmi. 

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk merawat kendaraan pick up. Dengan terus terjaganya kendaraan niaga ini, tentu akan membuat bisnis Anda tetap lancar.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER