Tips Memilih Bantal Untuk Kejar Tidur Berkualitas | Validnews.id

Selamat

Jumat, 26 November 2021

24 November 2021|12:28 WIB

Tips Memilih Bantal Untuk Kejar Tidur Berkualitas

Bantal yang tepat bisa menghindari pola tidur yang kurang teratur karena ketidaknyamanan dan sakit leher ataupun punggung ketika bangun di pagi hari.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Rendi Widodo

Tips Memilih Bantal Untuk Kejar Tidur BerkualitasIlustrasi tidur yang lelap dengan bantal yang tepat. Pixabay/Claudio Scott

JAKARTA - Di tengah berbagai aktivitas yang padat dan situasi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, menjaga kesehatan merupakan hal yang penting. 

Ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan. Salah satunya, menjaga kualitas tidur.

Pemilihan bantal perlu dilakukan karena dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Bantal yang tepat bisa menghindakan dari pola tidur yang kurang teratur karena ketidaknyamanan dan sakit leher ataupun punggung ketika bangun di pagi hari.

Bagaimana cara memilih bantal yang tepat? Berikut cara memilih bantal yang tepat agar memiliki waktu istirahat yang optimal setiap harinya.

Pilih Bantal Sesuai Kebiasaan

Setiap orang memiliki kebiasaan tidur masing-masing. Untuk itu, pilih bantal yang bisa menyesuaikan kebiasaan tidur. Dengan memilih jenis bantal yang sesuai, Anda akan lebih mudah beristirahat dengan baik.

Untuk mengetahui kebiasaan tidur, Anda bisa mencoba berbagai posisi tidur. Semisal menyamping, telentang, atau berpindah-pindah posisi. Dari sana, Anda bisa mengetahui jenis bantal apa yang sesuai.

Semisal bantal tebal yang berguna untuk mengisi jarak antara leher dan bahu, bantal yang tidak terlalu keras dan terlalu tinggi sehingga leher mendapat sanggahan yang cukup, atau bantal dengan ukuran besar yang dapat mencakup semua area tidur.

Mengenali Ragam Bantal

Bantal memiliki jenis yang beragam, mulai dari isi hingga bentuknya yang berbeda-beda. Terdapat beberapa jenis isi bantal yang ada di pasaran, seperti lateks, kapuk, bulu angsa, dakron, kapas, dan masih banyak lagi. Setiap jenis memiliki keunggulan masing-masing.

Karena jenis bantal sangat beragam itulah, penting untuk memperhatikan preferensi, tingkat kenyamanan, dan mengetahui perawatan sebelum memilih isi bantal. 

Ketahui setiap unggulan yang ditawarkan dari setiap jenis. Misalnya, anti debu, anti tungau, tingkat ketahanan, isi bantal yang tidak membuat berkeringat, hingga kelembutan tekstur.

Salah satu jenis yang cukup populer adalah bantal lateks yang disebut sebagai jenis bantal terbaik. Bantal ini memungkinkan untuk tidur dalam semua posisi tanpa harus takut alami sakit leher. 

Di samping itu, bantal lateks juga bisa mengurangi risiko ruam dan alergi karena tidak membuat pemakainya mudah berkeringat.

Pertimbangkan Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan juga menjadi salah satu faktor penting lainnya yang harus dipertimbangkan. Semisal, sering alami nyeri di leher tiap bangun tidur, maka gunakan jenis bantal yang bagian bawahnya sedikit lebih tebal supaya membantu mengurangi tekanan pada sendi otot leher.

Selain tingkat support untuk di area kepala, bahan bantal juga perlu diperhatikan, khususnya mereka yang memiliki alergi tertentu. Pilih bantal dengan bahan hypoallergenic atau anti alergi bagi mereka yang mempunyai alergi. 

Jangan lupa untuk mengganti bantal secara berkala setiap 1 sampai 5 tahun sekali, tergantung dari kondisi bantal dan kebutuhan.

Sesuaikan dengan Budget

Setelah mengetahui berbagai jenis bantal, masing-masing keunggulan dan kekurangannya, mempertimbangan kondisi kesehatan, dan preferensi Anda, jangan lupa untuk sesuaikan semua kebutuhan dengan bujet yang dimiliki.

Berbelanja melebihi bujet yang dimiliki nantinya akan menyebabkan masalah keuangan lain yang malah mengganggu kualitas tidur dan istirahat. Anda juga bisa manfaatkan promo-promo yang ada di platform online atau toko agar bisa mendapatkan harga yang sesuai budget atau lebih murah.

Itulah beberapa tips dalam memilih bantal supaya tidur bisa nyenyak dan berkualitas. Selamat mencoba!

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER