Selamat

Senin, 8 Agustus 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

06 Agustus 2022

14:12 WIB

The Lost World Castle, Kastil Megah Di Lereng Merapi

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menampilkan bangunan berupa benteng atau kastel nan megah.

Penulis: Gema Bayu Samudra,

Editor: Satrio Wicaksono

The Lost World Castle, Kastil Megah Di Lereng Merapi
Pengunjung berada di objek wisata The Lost World Castle di Lereng Gunung Merapi, Seleman, Yogyakarta . Shutterstock/Kras_Stock

JAKARTA - Banyak tempat wisata di sekitar lereng Gunung Merapi, yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah. Salah satunya adalah The Lost World Castle. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menampilkan bangunan berupa benteng atau kastel nan megah.

Kemegahan ini tampak dari tinggi bangunannya yang mencapai kurang lebih belasan meter. Dengan temboknya yang tinggi dan besar, kastel ini dibangun pada lahan seluas 1,3 hektar. 

Awal pembangunan kastel ini dilakukan pada tahun 2016 dengan maksud membangkitkan perekonomian warga sekitar yang terdampak erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010.

Penamaan The Lost World Castle atau dalam bahasa Indonesia kastel dunia yang hilang, juga terinspirasi dari erupsi Gunung Merapi yang menyapu habis kawasan sekitar sini. Lokasi kastel ini pun masih dalam kawasan rawan terkena dampak erupsi Gunung Merapi, hanya berjarak enam kilometer.

Saat wisatawan mulai menjelajahi kastel ini, tampak dari depan tembok-tembok kastel ini begitu besar dan ketika berada di dalam tembok ini, pemandangannya seperti berada tembok China. Di sisi kanan kirinya terdapat sebuah tembok besar dan lantainya sudah diperkeras.

Tidak hanya berupa tembok besar saja, di dalam kastel terdapat spot foto yang menarik berupa landmark dari berbagai negara. Di antaranya ada bangunan khas suku Indian, ada situs bebatuan Stonehenge dari Inggris, taman sakura dari Jepang, Colosseum dari Roma dan masih banyak yang lainnya.

Walaupun wisatawan di sini merasakan liburan layaknya berada di luar negeri, namun ada satu permainan tradisional yang telah disediakan. Nama permainan ini adalah gledekan, gledekan sendiri merupakan alat permainan yang dibuat dengan bahan baku kayu atau besi.

Tampilan permainan tradisional ini menyerupai sepeda atau becak kecil yang memiliki tiga roda. Satu roda di depan dan sisanya di belakang. Alat permainan ini pun dapat dimainkan oleh segala usia. Untuk trek gledekan berada di kawasan tembok kastel ini. 

Bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi kastel ini, perjalanan yang harus dilalui dari Kota Yogyakarta sekitar 27 kilometer. Serta untuk jam bukanya, mulai dari 07.00-18.00 WB dan buka setiap hari.

 




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER