21 Maret 2022
15:28 WIB
Penulis: Andesta Herli Wijaya
Editor: Rendi Widodo
JAKARTA – Film aksi "The Batman" terus menguasai box office Amerika di pekan ketiga penayangannya di bioskop. Film Warner Bros ini menyentuh pendapatan hingga US$300 juta atau Rp4,3 triliun di pasar domestiknya.
Melansir Variety, film yang dibintangi Robert Pattinson ini mengumpulkan US$36,8 juta dari 4.302 bioskop Amerika Utara sepanjang Jumat hingga Minggu lalu. Angka ini turun hanya sekitar 45% dari pendapatannya di pekan kedua sebelumnya.
“The Batman” sebelumnya telah mengumpulkan US$238,5 juta. Dengan penambahan penjualan minggu ketiga, film karya sutradara Matt Reeves ini telah menjadi film era pandemi kedua dengan pendapatan terbesar setelah "Spider-Man: No Way Home."
Di box office internasional, film "The Batman" yang sebelumnya telah mengantongi US$224 juta, menambahkan US$49,1 juta dari 76 pasar luar negerinya di pekan ketiga.
China memberi pasar signifikan bagi “The Batman” di mana film ini meraup 12,1 juta Dollar AS, meski 43% bioskop negara itu ditutup karena pandemi.
Dengan begitu, maka total pendapatan global “The Batman” hingga saat yaitu US$598 juta atau Rp8,6 triliun. Pendapatan tersebut menjadi kemenangan komersial yang signifikan bagi Warner Bros, yang menghabiskan US$200 juta untuk memproduksi "The Batman" dan jutaan lainnya untuk memasarkan film tersebut ke penonton di seluruh dunia.
Film “The Batman” memuncaki box office Amerika di akhir pekan lalu, diikuti oleh film adaptasi manga “Jujutsu Kaisen 0” yang meraup pendapatan sebesar US$17,6 juta untuk penayangan pekan perdananya.
Di posisi ketiga, ada film adaptasi video game yang diperankan Tom Holland “Uncharted,” yang telah memasuki minggu kelima penayangannya.
Film ini meraup pendapatan US$8 juta, menjadikan total pendapatannya di pasar domestik US$125,8 juta. “Uncharted” diikuti film “X” yang meraup penjualan US$4,2 juta.
“Spider-Man: No Way Home” yang fenomenal di akhir pekan lalu meski tergeser di podium 5 besar box office Amerika untuk pertama kalinya. Film ini digeser oleh “Dog” yang sukses meraup US$4 juta dari 3 ribu lebih bioskop domestik.