Selamat

Rabu, 20 Oktober 2021

13 Oktober 2021|12:18 WIB

Squid Game Raih 111 Juta Penonton Dalam Satu Bulan

Squid Game memiliki kemiripan cerita dengan serial bergenre survival game lainnya. Tetapi hal itu tidak menghentikan animo masyarakat untuk menonton serial tersebut

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Rendi Widodo

ImageSalah satu cuplikan dalam serial Squid Game. Netflix

JAKARTA – Serial Netflix Squid Game berhasil mengumpulkan 111 juta penonton pada satu bulan pertama penayangannya. Rekor ini membuat Squid Game menjadi serial yang paling banyak ditonton sejak pertama kali diluncurkan di platform streaming tersebut.

Sebelumnya, rekor paling banyak ditonton dalam waktu satu bulan dipegang oleh Bridgerton. Serial yang berkisah tentang percintaan ala abad ke-18 itu dilihat oleh 82 juta penonton di seluruh dunia sejak pertama kali tayang bulan Desember lalu. Ceritanya yang menarik menjadikannya sebagai serial yang paling banyak ditonton dalam kurun waktu singkat.

Namun, rekor tersebut akhirnya dikalahkan oleh Squid Game yang baru pertama kali debut pada bulan September kemarin. Serial asal Korea Selatan itu dengan cepat merajai puncak Netflix di 90 negara dan bahkan memiliki lebih dari 30 pilihan bahasa terjemahan untuk mengakomodasi para penonton. 

Squid Game bahkan mengalahkan serial Netflix lainnya yang telah jauh lebih dahulu populer, seperti Money Heist, Dark, dan Lupin.

Squid Game sendiri berkisah tentang orang-orang yang terlilit utang dan harus memainkan sejumlah permainan demi mendapatkan hadiah uang. Tokoh utamanya Seong Gi Hun, laki-laki paruh baya yang memiliki banyak utang dan mendapatkan undangan untuk memainkan permainan dengan hadiah uang itu.

Awalnya, ia sempat menolak untuk melanjutkan permainan karena taruhannya nyawa. Namun, bersama dengan teman-teman barunya, Gi Hun berusaha untuk memenangkan permainan yang berhadiah 45,6 miliar won dan melunasi utang-utangnya. Serial ini dibintangi oleh Lee Jung jae, Park Hae soo, Jung Ho Yeon, Wi Ha Joon, Kim Joo Ryoung, dan lainnya.

Serial berjumlah sembilan episode ini disutradarai oleh Hwang Dong hyuk, yang juga merupakan pemilik ide cerita Squid Game. Uniknya, cerita Squid Game sudah ia tulis sekitar 10 tahun yang lalu. 

Namun, banyak studio film yang menolak ide ceritanya karena dianggap terlalu 'sadis'. Barulah kemudian Netflix tertarik mengangkat ceritanya karena mencerminkan kelas sosial di masyarakat.

Beberapa fans sempat mengatakan kalau Squid Game memiliki kemiripan cerita dengan serial bergenre survival game lainnya, semisal Alice in Borderland, As the Gods Will, The Hunger Games, hingga Battle Royale. Akan tetapi, hal itu tidak menghentikan animo masyarakat untuk menonton serial tersebut.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA