Selamat

Selasa, 5 Juli 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

17 Desember 2021

10:10 WIB

Sekarang Pengguna Bisa Beri Nilai Pada Podcast Di Spotify

Untuk menambah kualitas podcast-podcast di spotify, akhirnya platform ini menambahkan fitur rating yang bisa diberikan oleh para pengguna.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

Sekarang Pengguna Bisa Beri Nilai Pada Podcast Di Spotify
Ilustrasi Spotify. Shutterstock

JAKARTA - Demi terus memberikan apa yang diinginkan penggunanya, Spotify kembali menghadirkan update terbaru jelang pergantian tahun. Kini pengguna bisa beri penilaian pada podcast dalam bentuk "tanda bintang".

Seperti diketahui selama ini, Spotify sudah menghadirkan Podcast Charts untuk membantu pengguna menentukan podcast yang mungkin menarik untuk mereka dengarkan. Berdasarkan tingkat popularitas podcast.

Bukan hanya itu, platform musik asal Swedia itu pun sudah memberikan rekomendasi podcast yang disesuaikan berdasarkan kebiasaan dan kesukaan pengguna masing-masing. Agar mereka lebih mudah menemukan sebuah podcast baru yang menarik sesuai selera mereka.

Namun, seakan tidak cukup, rating podcast akhirnya kini diperkenalkan. Agar pengguna bisa semakin utuh mengetahui kualitas sebuah podcast sebelum mereka mendengarkannya.

"Karena peringkat podcast akan berfungsi sebagai kesempatan pertama untuk menarik pendengar baru, juga memiliki potensi untuk membangun minat pendengar secara instan," tulis Spotify dalam keterangan persnya, (16/12).

Bukan hanya sebagai penilaian yang bisa menjadi rekomendasi. Kehadiran rating ini juga bisa menjadi kesempatan langsung para pendengar untuk mendukung podcast yang mereka sukai.

Setelah mendengarkan sebuah podcast (minimal 30 detik), pengguna atau pendengar podcast bersangkutan akan memiliki kesempatan untuk memberikan penilaian menggunakan sistem bintang, dari satu hingga lima.

Dari situ, peringkat rata-rata akan ditampilkan secara luas pada halaman acara podcast di Spotify, bersama dengan jumlah total pengguna yang telah memberikan penilaian dalam podcast tersebut.

Sistem ini sekaligus memungkinkan umpan balik dua arah terjadi antara pembuat podcast dan pendengar mereka.

Rating dapat memberikan gambaran besar kepada pembuat podcast tentang apa yang mereka lakukan, yang kemudian dapat mereka gunakan secara produktif dengan meminta umpan balik yang lebih spesifik. Baik itu melalui tanya jawab di Spotify, ataupun dalam percakapan sosial di luar platform.

Untuk itu, dalam pengumumannya Spotify juga menyarankan agar pembuat podcast langsung memulai membangun peringkatnya dengan memberi tahu pendengar untuk memberi penilaian di Spotify.

Spotify juga memastikan bahwa bintang penilaian atau rating ini akan segera tersedia untuk diberikan ke semua podcast yang ada di platform mereka.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER

Huawei Rilis Varian Nova 10 Series

Menteri Basuki Ingatkan Aspek Konstruksi Proyek Tol Semarang-Demak

Presiden Ingatkan Rakyat Awasi Kinerja Polri

BKKBN Fokus Tekan Angka Stunting Indonesia Dengan Kolaborasi

MA Rekrut Hakim Ad Hoc Tipikor

Emas Antam Mentok Di Level Rp989.000/gram

Jam Malam Anak Efektif Di Yogyakarta

Legenda Bob Tutupoly Tutup Usia