Selamat

Senin, 26 Juli 2021

SENI & BUDAYA

19 Juli 2021|21:00 WIB

Sambut Idul Adha, Jaz Bawakan Shalawat Asyghil

Nuansa musik yang syahdu dan menenangkan jelas terasa dari musik yang diaransemen maestro gitar kenamaan, Tohpati.

Penulis: Andesta Herli Wijaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageJaz, penyanyi. Dok: Ist/ Megah Music - Sony Music Entertainment Indonesia

JAKARTA – Menyambut momen Idul Adha, penyanyi Aziz Hayat atau dikenal dengan nama Jaz merilis lagu “Shalawat Asyghil”. Diketahui, salawat ini merupakan salah-satu salawat yang populer kalangan Muslim.

Pada lagu ini, Jaz mempersembahkan melantunkan salawat dengan aransemen musikal apik. Nuansa musik yang syahdu dan menenangkan jelas terasa dari musik yang diaransemen maestro gitar kenamaan, Tohpati ini.

Jaz sendiri mengaku begitu antusias dalam menjalani proses produksi “Shalawat Asyghil” bersama Tohpati. Penyanyi yang populer lewat lagu “Dari Mata” ini mengaku belajar banyak tentang pelafalan salawat untuk membawakan lagu kali ini.

“Karena buat saya ini adalah doa, karena itu saya memastikan agar mengucapkannya secara benar. Dan itu berimbas kepada penghayatan yang lebih emosional saat membawakannya. Untuk memperlancarnya, saya banyak melihat video-video cover mengenai Sholawat Asyghil ini di YouTube juga,” ungkap Jaz dalam keterangannya, Senin (19/7).

Salawat Asyghil di khasanah dunia Muslim disebut juga dengan Salawat Habib Ahmad bin Umar Al-Hinduan Ba’Alawy (wafat 1122 Hijriah). Salawat ini terhimpun dalam kitab Alkawakib Almudhi’ah Zikris Shalah ‘ala Khairil Bariyyah, yang ditulis oleh tokoh Islam tersebut.

Di tanah air, “Shalawat Asyghil” sering dilantunkan di masjid-masjid. Salawat ini dilantunkan dengan maksud memohon rahmat untuk Rasulullah SAW.

Gubahan “Shalawat Asyghil” oleh Tohpati dan Jaz merupakan bagian dari proyek musikal Megah Music (sub-label dari Sony Music Entertainment Indonesia), yang bertajuk Shalawat Salam. Adapun “Shalawat Asyghil” didapuk sebagai pembuka bagi rangkaian nyanyian bernafaskan Islam yang akan dihadirkan lewat proyek musikal tersebut.

“Kami ingin menghadirkan karya musikal berkualitas yang tidak hanya berisi hiburan dan estetika artistik, namun membawa nilai kebaikan bagi segenap pendengarnya. Dimana hal ini sejalan dengan, yang senantiasa mengetengahkan core culture masyarakat Indonesia,” ungkap Andrey Noorman, Head of Artist & Repertoire, Sony Music Entertainment Indonesia.

"Shalawat Asyghil" dari Jaz saat ini sudah tersedia di semua platform musik digital. Serta video musiknya tersedia di channel YouTube Megah Music dari Sony Music Entertainment Indonesia.

Jaz adalah penyanyi kelahiran Brunei Darussalam yang sejak tahun 2016 silam aktif berkarir di Indonesia. Ia telah menelurkan sejumlah single, beberapa di antaranya yang sukses di pasaran yaitu “Dari Mata” dan “Kasmaran. Baru-baru ini, Jaz merilis album bertajuk Sinergi.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA