Selamat

Rabu, 5 Oktober 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

24 September 2022

08:48 WIB

"Results About You" Permudah Hapus Data Pribadi Di Google Search

Setelah diumumkan pada Mei lalu, fitur penghapusan hasul penelurusan kini sudah dinikmati, meski belum kepada banyak pengguna.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

"Results About You" Permudah Hapus Data Pribadi Di Google Search
ilustasi Logo Google pada layar smartphone. Shutterstock/dok

JAKARTA - Pada gelaran I/O 2022 bulan Mei lalu, Google mengumumkan fitur untuk menyederhanakan proses penghapusan hasil penelusuran (pencarian) data pribadi seseorang yang mungkin muncul di layanan Google Search. Beberapa bulan kemudian, fitur tersebut akhirnya benar-benar muncul dan bisa digunakan, dengan nama "Results About You".

Untuk saat ini memang belum banyak pengguna di Amerika Serikat dan Eropa yang bisa memanfaatkan fitur "Results About You". Fitur tersebut dapat ditemukan ketika membuka aplikasi Google di Android dan mengetuk avatar profil yang ada di sudut kanan atas layar ponsel.

Nantinya dengan mengetuk (klik) "Results About You", pengguna akan diarahkan ke halaman yang menjelaskan bagaimana mereka dapat meminta Google menghapus hasil penelusuran yang berisi nomor telepon, alamat rumah, email, dan beberapa informasi personal yang berpotensi berbahaya atau mengancam.

Selain itu, jika menemukan sesuatu mengenai data pribadi saat menjelajah (browsing), pengguna juga bisa meng-klik ikon tiga titik yang muncul di sudut kananu ntuk bisa mengakses panel "About This Result" yang di dalamnya terdapat opsi "Remove result" (hapus hasil). Dari sana, pengguna dapat langsung mengajukan permintaan agar hasil pencarian yang berisi informasi pribadi mengenai mereka untuk dihapus.

Setelah permintaan penghapusan telah diajukan, pengguna bisa memantau perkembangannya di halaman "Result About You". Di mana akan muncul keterangan bahwa permintaan "sedang berlangsung" atau sudah "disetujui".

Namun demikian, seperti yang dicatat oleh Google dalam dokumen pendukungnya, proses ini hanya menghapus indeks halaman web tersebut dari hasil pencariannya Google Search. Artinya, seseorang masih mungkin dapat mengakses info tersebut, jika mereka langsung membuka situs tempat info tersebut berada.

Buat sebagian orang, apa yang dihadirkan Google ini mungkin masih sedikit rumit. Namun jika dibandingkan kebijakannya seputar penghapusan informasi pengenal pribadi yang telah Google jalankan sejak awal tahun 2022, alat baru ini jelas jauh lebih memudahkan.

Sebab, standar untuk apa yang akan dihapus Google saat ini akan lebih ringan. Misalnya jika dibandingkan aturan lama yang hanya memungkinkan pengguna untuk menghapus info kontak pribadi dari hasil pencarian jika telah ada seseorang yang mencoba menipu mereka.

Pada fitur ini, proses peninjauan yang melibatkan pertanyaan apakah hasil tersebut dapat secara aktif membahayakan pengguna juga memang masih akan ada. Tetapi prosesnya akan lebih longgar, cukup dengan acuan bahwa informasi tersebut tidak berkaitan dengan kepentingan umum, maka akan bisa segera dihapus.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER