Qualcomm Ubah Branding Cip Snapdragon | Validnews.id

Selamat

Jumat, 26 November 2021

23 November 2021|20:22 WIB

Qualcomm Ubah Branding Cip Snapdragon

Cip Snapdragon tidak akan lagi memakai tiga angka sebagai tipe atau serinya.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

Qualcomm Ubah <i>Branding</i> Cip SnapdragonCip Snapdragon. Pixabay/dok.

JAKARTA - Qualcomm akan melakukan perubahan branding prosesor atau cip buatannya, Snapdragon. Ke depannya, penamaan jajaran cip Snapdragon tidak akan lagi menggunakan tiga digit angka di belakang.

Seperti diketahui, selama bertahun-tahun Qualcom memberi nama cipnya dengan tiga digit angka. Semisal, Snapdragon 480, Snapdragon 765, atau Snapdragon 888. Dalam hal ini, angka pertama secara luas menginformasikan mengenai kekuatan dari cip tersebut. 

Angka 8 sebagai nomor untuk cip dengan kemampuan tertinggi, yang diperuntukan pada smartphone flagships. Sementara itu, angka 4 diperuntukkan smartphone entry-level, sedangkan angka kedua dan ketiga menunjukkan urutan generasi dari cip tersebut dan juga pembaruan yang telah didapatkannya.

Saat ini, Qualcomm diketahui hampir kehabisan kombinasi angka dalam skema penamaannya tersebut. Untuk jajaran cip seri 8, misalnya, sudah mencapai Snapdragon 888 tahun lalu. Sementara itu, seri 7 sudah di Snapdragon 780 dan seri 6 bahkan sudah mencapai Snapdragon 695.

Inilah yang kemudian membuat Qualcomm mustahil untuk menggunakan skema penamaan yang sama di pembaruan selanjutnya. 

Oleh karena itu, Qualcomm berinisiatif untuk mengubah skema penamaan tersebut dengan menggunakan satu digit angka. Dengan metode ini pula diharapkan dapat semakin memudahkan pengguna.

"Kami akan bertransisi ke seri dan nomor generasi satu digit, sejajar dengan kategori produk lainnya, dimulai dengan platform seri Snapdragon 8 unggulan terbaru kami," tulis perusahaan asal Amerika tersebut dalam website resminya.

Selain penamaan, Qualcomm juga memastikan bahwa produk Snapdragon buatannya akan berdiri sendiri sebagai sebuah brand. Dengan demikian, ke depannya tak akan ada lagi embel-embel nama Qualcomm, dari setiap cip Snapdragon yang dipasarkan.

"Kami telah memisahkan merek Qualcomm dan Snapdragon. Ke depannya, Snapdragon akan menjadi merek produk yang berdiri sendiri dengan ikatan khusus dengan merek Qualcomm jika sesuai," ungkap mereka.

Melengkapi dua perubahan tersebut, perubahan visual juga akan dihadirkan dalam branding terbaru Snapdragon. Mulai dari logo bola api yang digunakan, hingga perkenalan beberapa warna representatif baru, seperti Midnight, Gunmetal, Nickel, Snapdragon Red, hingga Gold, yang akan menjadi representasi produk mereka dengan kualitas tertinggi.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER