Selamat

Sabtu, 19 Juni 2021

GAYA HIDUP

11 Juni 2021|19:15 WIB

Posisi Seks Yang Membakar Kalori

Gerakan seks kebanyakan plank dan squat.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageIlustrasi hubungan seksual. Pixabay/dok

JAKARTA - Tahukah Anda kalau seks ternyata bisa membakar kalori dan termasuk olahraga moderat? Sebuah penelitian tahun 2013 menemukan kebanyakan laki-laki membakar empat kalori per menitnya saat berhubungan seksual. Angka ini lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan jogging.

Saat berhubungan seksual, seseorang melakukan gerakan tertentu dalam waktu yang cukup lama. Hal ini bisa bisa meningkatkan ketahanan tubuh sekaligus meningkatkan kerja kardiovaskular. Menurut instruktur fitness dari American Aerobics and Fitness Association, Timaree Schmit PhD, gerakan seks kebanyakan plank dan squat.

"Meski Anda hanya menahan squat pada seseorang dengan mendorong bagian bawah tubuh berulang kali, apapun yang dilakukan dalam waktu lama itu bisa melatih ketahanan dan kerja kardiovaskular. Bagi mereka yang ingin menggabungkan antara olahraga dan seks, tentunya ada kesempatan untuk hal itu," tuturnya dikutip dari Health.

Meski begitu, tidak semua hubungan seksual bisa membakar kalori. Ada beberapa posisi seks yang dapat memberikan manfaat layaknya sedang berolahraga. Berikut rangkumannya:

Missionary
Posisi klasik missionary ternyata bisa membakar kalori dengan meletakkan kendali pada bagian kaki. Caranya, pada saat posisi missionary, jaga kaki untuk tetap setara pada matras dan angkat pinggul sehingga bisa mengontrol saat mendorong ketika penetrasi. Tekan tumit seperti sedang melakukan glute bridge. Posisi seperti ini bisa mempekerjakan otot sama seperti ketika sedang plank.

Woman on top
Posisi dengan perempuan di atas ini dapat menggerakan bagian core, quards, dan hamstrings tubuh. Terapis seks, Angela Skurtu mengatakan, ketika perempuan yang mengambil alih, ada banyak bagian tubuh yang dilatih, bagian core dan lengan. 

Untuk melakukan posisi ini, pastikan bagian belakang atau punggung pasangan disokong dengan bantal atau cushion sehingga nyaman saat berbaring. Kemudian, pasangan yang di bawah dapat melakukan glute bridge dengan menekan bagian tumitnya. Perempuan yang di atas dapat mulai bergerak dengan kaki sejajar dengan lantai.

Wall-sit reverse cowgirl
Dengan punggung pasangan menghadap ke dinding, pasangan dapat menekuk lututnya sehingga tubuhnya menjadi lebih rendah untuk posisi wall-sit. Sementara pasangan lainnya membelakangi seperti pada posisi reverse cowgirl

Kemudian, mulailah melakukan squat sambil penetrasi. Posisi seperti ini bisa membakar kalori dan membuat area glutes, quads, dan hamstrings seperti sedang berolahraga. Selain itu, posisi ini juga bisa memberikan latihan pada jari-jari kaki untuk menjadi lebih seimbang.

Itulah posisi-posisi seks yang bisa membakar kalori dan memberikan manfaat seperti sedang berolahraga. Tetap lakukan seks dengan persetujuan pasangan untuk menghindari aktivitas seks yang di luar batasan atau keinginan pasangan.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA