Podium Alonso Setelah "Puasa" Tujuh Tahun | Validnews.id

Selamat

Sabtu, 27 November 2021

24 November 2021|17:38 WIB

Podium Alonso Setelah "Puasa" Tujuh Tahun

Fernando Alonso terakhir merasakan podium juara di GP Hungaria 2014.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Satrio Wicaksono

Podium Alonso Setelah "Puasa" Tujuh TahunFernando Alonso saat masih membalap untuk IndyCar Series, Indianapolis, Indiana, AS, Sabtu (15/8/2020). ANTARA/REUTERS/USA TODAY Sports/Mark J. Rebilas

JAKARTA - Minggu (21/11), jadi hari yang tidak terlupakan buat Fernando Alonso. Bagaimana tidak, setelah absen sejak 2014, pembalap asal Spanyol itu kembali melangkahkan kakinya ke atas podium.

Alonso memulai balapan dari barisan kedua, di belakang Lewis Hamilton yang meraih pole position dan Pierre Gasly pada pagelaran Formula 1 GP Qatar 2021.

Sebenarnya, ia hanya mencatatkan waktu tercepat kelima di sesi kualifikasi pada Sabtu (20/11). Namun, karena Max Verstappen dan Valtteri Bottas yang berada di posisi kedua dan ketiga mendapatkan penalti akibat mengabaikan bendera kuning saat kualifikasi, keduanya turun posisi start di urutan keenam dan ketujuh.

Alonso melaju mulus mempertahankan posisinya di urutan ketiga, sampai akhirnya ia menyalip Gasly dan meraih posisi kedua, terpaut tidak begitu jauh dari Hamilton yang memimpin balapan. 

Akan tetapi, tidak butuh waktu lama bagi Verstappen meraih posisi Alonso, yang membuatnya kembali ke posisi semula.

Persaingan semakin sengit saat Red Bull Racing berambisi untuk membuat kedua pembalap mereka naik podium. Sergio Perez yang memulai balapan dari posisi ke-11 pun, diperintahkan untuk mengejar posisi yang saat itu dimiliki oleh Alonso. Dengan ban yang masih segar, tidak sulit bagi Perez untuk meluncur dengan cepat di sirkuit Losail.

Dalam siaran radio, Alonso meminta bantuan timnya dan Esteban Ocon, rekannya di Alpine untuk membantunya mempertahankan Perez di belakang selama mungkin di lintasan, mengingat Ocon posisinya berada di depan Perez.

"Katakan pada Esteban untuk bertahan (dari Perez) seperti singa," ujar Alonso.

Hal ini mengingatkan para penonton dan penggemar pada balapan Formula 1 GP Magyar Nagydij 2021 di Hungaroring. 

Saat itu, Alonso yang berada di belakang berusaha mempertahankan posisi Hamilton selama mungkin agar Ocon bisa memenangkan balapan. Beruntung, Ocon berhasil memenangkan balapan, terpaut 2 detik dengan Hamilton. 

Sementara Alonso finis di urutan keempat, setelah Sebastian Vettel yang finis di posisi ketiga didiskualifikasi dari balapan akibat kekurangan sampel bahan bakar di akhir balapan.

Meski Ocon tidak mampu mempertahankan Perez di belakang cukup lama, beruntung Alonso sukses finish di depan Perez. Pembalap berusia 40 tahun itu kembali naik ke podium yang terakhir kali ia naiki pada Formula 1 GP Hungaria 2014.

Ini menjadi hasil yang menakjubkan untuk Alonso, setelah vakum membalap di Formula 1 sejak 2018 lalu dan juga Alpine.

"Akhirnya. Kami sangat dekat dengan podium di beberapa kesempatan dan saya juga bertanya-tanya apakah saya akan naik podium lagi dalam karir saya atau tidak. Saya sangat senang dengan hasil ini dan mari lihat apa kami bisa menjaga momentum ini untuk musim depan," kata Alonso dikutip dari Evening Standard.

Saat ini, Alonso berada di urutan kesepuluh dalam klasemen sementara Formula 1 2021 dengan dua balapan tersisa, yaitu di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Sementara Alpine di posisi kelima dalam klasemen konstruktor, bersaing ketat dengan Alpha Tauri di urutan keenam.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER