Selamat

Senin, 23 Mei 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

30 Juni 2021

12:29 WIB

Pernah Jadi Incaran Anak 90-an, Kini 5 Mainan Ini Sulit Ditemukan!

Sebelum gadget banyak mencuri perhatian anak-anak masa kini, di era 90-an, anak-anak lebih sering bermain di luar rumah.

Penulis: Chatelia Noer Cholby,

Editor: Yanurisa Ananta

Pernah Jadi Incaran Anak 90-an, Kini 5 Mainan Ini Sulit Ditemukan!
Tazos, Mainan Anak anak era 90 an jaman dulu. Sumberfoto: Shutterstock/dok

JAKARTA – Masa sekolah memang paling menyenangkan. Selain bisa bertemu teman-teman, kamu juga bisa jajan mainan bersama-sama. Apalagi anak-anak tahun 90-an, pasti tak asing dengan abang-abang penjual mainan di depan gerbang sekolah.

Sebelum booming gadget seperti sekarang, anak-anak kala itu lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman-teman untuk bermain secara langsung. Kira-kira, mainan apa saja ya yang sering kamu beli dulu? Yuk, simak 5 mainan generasi 90-an yang hype pada masanya!

Pletokan
Pletokan merupakan permainan tembak-tembakan yang populer di kalangan anak laki-laki tahun 90-an. Mainan ini terbuat dari bambu yang dilengkapi bola-bola perluru dari kertas basah. Ada juga alat bantu untuk mendorong peluru yang bernama sentokan.

Cara mainnya pun mudah hanya memasukan peluru yang terbuat dari kertas tersebut ke dalam pletokan. Lalu, dorong peluru dengan sentokan hingga melesat dan mengeluarkan suara cukup kencang. Tak jarang permainan ini disita guru, sebab saking serunya, sering dimainkan saat jam istirahat. 

Harganya sudah pasti terjangkau, mulai dari Rp3–5 ribu. Biasanya, permainan ini dijual oleh abang-abang yang berjualan di depan gerbang sekolah. Sayangnya, permainan pletokan ini sudah jarang sekali ditemukan atau dimainkan oleh anak-anak.

Tazos
Tazos merupakan permainan yang berbentuk bulat dan terbuat dari plastik. Permainan tersebut cukup populer di kalangan anak-anak. Menariknya, salah satu sisi tazos berisi gambar-gambar yang terkenal, seperti Pokemon, Tweety, Tazmania, dan beberapa kartun lainnya.

Sebab itu, tak jarang gambar-gambar tazos pun dikoleksi oleh anak-anak. Lebih unik lagi, permainan ini hanya bisa didapatkan saat kamu membeli snack, seperti Cheetos, Jet-z, dan beberapa chiki lainnya. Apalagi kudapan tersebut terbilang murah harganya sekitar Rp1 ribu hingga Rp2 ribu saja.

Tazos dimainkan dengan cara adu tos-tosan. Setelah melakukan tos dan tazos jatuh ke lantai kemudian tazos menunjukkan gambar, maka kamu akan menang begitupun sebaliknya. Nah, pemenang akan mendapatkan tazos lawan.

Lego jadul
Dulu, lego lokal menjadi incaran para anak-anak SD, lho. Pastinya, anak-anak generasi 90-an tidak asing lagi dengan lego ini. Bentuk lego mini ini seperti peluru yang mempunyai bagian lancip di depannya. Lego jadul ini pun punya berbagai variasi warna.

Lego lokal ini juga bisa berubah menjadi berbagai macam bentuknya, sesuai dengan keinginanmu! Sebenarnya lego lokal dengan lego modern fungsinya sama, hanya terletak dari kualitasnya saja. Namun, anak-anak pada zaman itu lebih sering membeli lego peluru.

Sebab, lego peluru mudah ditemukan di tukang mainan SD. Apalagi harga yang ditawarkan waktu itu sangat murah, sekitar Rp 3–5 ribu/plastik. Jadi, mudah dijangkau oleh anak-anak SD yang kala itu rata-rata uang jajannya hanya di bawah Rp10 ribu saja.

Balon tiup
Balon tiup termasuk mainan yang popular, nih, di kalangan anak-anak. Balon ini terbuat dari bahan semacam lem dengan tekstur yang lengket. Lalu, dilengkapi dengan sedotan kecil berbahan plastik yang digunakan untuk meniup balon.

Ketika bermain balon tiup ini, biasanya anak-anak berlomba besar-besaran dan tidak pecah meski dalam waktu lama. Beberapa dari mereka juga ada yang sengaja memecahkan balon ke wajahnya, agar bisa menjadi topeng.

Harga yang ditawarkan untuk balon tiup berbentuk odol mini ini sekitar Rp 1–3 ribu. Tersedia dua ukuran, besar dan kecil dengan jumlah balon bervariasi. 

Boneka kertas
Jika dari tadi kita lebih banyak bahas permainan laki-laki, maka boneka kertas ini identik dengan mainan anak-anak perempuan. Seperti namanya, boneka ini memang terbuat dari kertas yang dapat kamu bongkar pasang.

Dalam sebuah kertas ukuran A5 itu, biasanya akan terdapat banyak gambar, mulai dari orang, pakaian, hingga pernak-perniknya. Nah, di sini anak-anak dapat mendandani orang mainan tersebut dengan berbagai kostum, seperti pesta, santai, dan pakaian tidur.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi tapi tetap murah sekitar Rp 3–8 ribu. Harga tergantung pada kreativitas gambar-gambar tersebut. Jadi, tak heran jika dahulu banyak anak-anak perempuan yang gemar mengoleksi boneka ini.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER