Selamat

Kamis, 1 Desember 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

31 Agustus 2022

12:38 WIB

Pengguna Facebook Kini Bisa Berbagi Posting NFT Ke Instagram

Kemampuan untuk melakukan posting silang NFT di Instagram dan Facebook menjadi sebuah langkah signifikan, yang menunjukan komitmen Meta untuk mendukung NFT.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

Pengguna Facebook Kini Bisa Berbagi Posting NFT Ke Instagram
Ilustrasi Meta dan Facebook. Shutterstock

JAKARTA - Meta akhirnya membawa dukungan NFT (non-fungible token) ke salah satu media sosial populernya, Facebook. Dengan begitu, kini pengguna Facebook akan bisa memamerkan atau posting koleksi NFT mereka, sekaligus membagikannya ke Instagram.

"Kami mulai memberi orang kemampuan untuk memposting koleksi digital yang mereka miliki di Facebook dan Instagram. Ini akan memungkinkan orang untuk menghubungkan dompet digital mereka dalam sekali ke salah satu aplikasi, untuk bisa membagikan koleksi digital mereka di keduanya (Facebook dan Instagram," tulis Meta dalam blog resminya (29/8).

Pengguna dapat menghubungkan Facebook dan Instagram mereka menggunakan dompet blockchain seperti Rainbow, MetaMask, Trust Wallet, Coinbase Wallet, dan Dapper Wallet. Untuk kemudian memposting koleksi digital yang dicetak di Ethereum, Polygon, dan Flow.

Kemampuan untuk melakukan posting silang NFT di Instagram dan Facebook saat ini memang baru hanya tersedia untuk pengguna yang berbasis di Amerika Serikat. Namun bagaimanapun tetap bisa dinilai sebagai sebuah langkah signifikan, yang menunjukkan komitmen Meta untuk mendukung NFT, dalam waktu yang terhitung singkat.

Jika diingat, baru pada Maret 2022 lalu, CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan bahwa pihaknya akan menghadirkan dukungan NFT di Instagram. Dari situ kemudian, pada bulan Mei 2022, janji tersebut benar terwujud.

Sebulan setelahnya, disaat dukungan NFT di Instagram semakin luas ke lebih banyak pengguna, Zuckerberg juga menjanjikan kemampuan yang sama di Facebook, yang langsung bisa diwujudkannya pada bulan Juni itu juga.

Terakhir, sebelum akhirnya menghadirkan kemampuan posting silang NFT di Facebook dan Instagram, Juli lalu Meta juga telah memperluas dukungan NFT mereka secara global, ke lebih dari 100 negara di dunia.

Setelah ini, sejumlah peningkatan signifikan juga kemungkinan besar akan kembali dilakukan Meta untuk mendukung NFT di berbagai platform media sosialnya. Seperti yang saat ini santer sedang mereka kerjakan, yakni dukungan animasi khusus untuk posting NFT dan koleksi koleksi digital. 

Sesuai dengan apa yang disebutkan Zuckerberg pada awal tahun lalu, bahwa Meta akan bekerja untuk menampilkan NFT melalui Instagram Stories dan membuatnya kompatibel dengan Spark AR.

Komitmen Meta terhadap dukungan NFT saat ini juga menjadi menarik. Sebab secara umum, pasar NFT sedang mengalami penurunan yang luar biasa. Laporan Forbes misalnya, menunjukkan bahwa volume perdagangan di salah satu pasar NFT terbesar, OpenSea, telah mengalami penurunan hingga 99% dalam empat bulan terakhir.  

Di mana pada tanggal 1 Mei, pasar tersebut memiliki transaksi dengan nilai lebih dari US$2,7 miliar. Sementara pada akhir pekan lalu hanya tercatat dengan nilai US$9,34 juta.

 




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER