Selamat

Rabu, 5 Oktober 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

23 September 2022

21:00 WIB

Paxel Amplop Solusi Kirim Paket Di Tengah Mahalnya BBM

Paxel Luncurkan Paxel Amplop, layanan kirim barang dengan biaya kirim flat sebesar Rp10 ribu.

Penulis: Tristania Dyah Astuti,

Editor: Satrio Wicaksono

Paxel Amplop Solusi Kirim Paket Di Tengah Mahalnya BBM
Ilustrasi Paxel. ist/dok

JAKARTA -  Kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) yang ditetapkan oleh pemerintah sejak awal September lalu berdampak terhadap berbagai tarif, tidak terkecuali layanan jasa kirim barang atau ekspedisi.

Banyak konsumen, khususnya pedagang online yang mengeluhkan tingginya harga kirim barang saat ini, terutama layanan sameday dan reguler. Hal ini dikhawatirkan dapat memengaruhi daya beli masyarakat dan pendapatan para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Melihat potensi resiko ini, jasa ekspedisi Paxel Indonesia meluncurkan layanan kirim terbaru bernama Paxel Amplop. Layanan ini dirilis dengan tujuan untuk membantu UMKM tetap bisa meningkatkan omset di tengah dampak kenaikan BBM, bahkan ancaman resesi yang diperkirakan akan terjadi.

Paxel Amplop merupakan layanan kirim barang berukuran kecil dengan berat hingga 1,5 kilogram yang dimensinya sesuai dengan ukuran maksimal amplop A4. Untuk ukuran ini, produk yang direkomendasi menggunakan Paxel Amplop seperti health and beauty, buku, fesyen, aksesoris atau dokumen dengan biaya kirim flat sebesar Rp10 ribu.

Zaldy, Co-founder Paxel optimis layanan ini merupakan solusi yang menguntungkan, terutama untuk seller dengan pengiriman low urgency atau produk non food.  

"Saat banyak harga naik seperti sekarang, kami hadirkan alternatif layanan baru yang sangat terjangkau," ujar Zaldy dalam keterangannya yang diterima, Jumat (23/9).

Kenaikan harga BBM jelas berdampak pada batas tarif ongkos kirim. Melansir Supply Chain Indonesia (SCI), pihaknya sudah memperkirakan di mana kenaikan BBM secara signifikan akan mempengaruhi dua sektor logistik, pengiriman last mile dan angkutan truk.

Pengiriman last mile atau tahap akhir pengiriman di Indonesia umumnya menggunakan sepeda motor dengan bahan bakar pertalite yang mengalami kenaikan dari semula Rp 7.650 per liter, naik menjadi Rp10 ribu per liter. Sementara angkutan truk yang menggunakan solar subsidi naik dari Rp 5.150 per liter naik menjadi Rp 6.800 per liter.

Sebab itu, Zaldy berharap, di tengah gempuran kenaikan BBM, Paxel Amplop bisa menjadi solusi bagi para pedagang online dan UMKM untuk mengirim barang dengan alternatif pilihan yang murah.

Untuk sementara layanan Paxel Amplop baru bisa dinikmati di Jabodetabek, dan akan hadir di kota lainnya. Namun pengiriman ini merupakan layanan reguler sehingga pengirimannya mungkin memerlukan waktu 1-2 hari untuk sampai  ke tujuan.

“Kami yakin Paxel Amplop bisa bersaing di antara opsi pengiriman reguler yang sudah ada dan membantu produktivitas seller saat masa sulit ini,” tutupnya.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER