Selamat

Rabu, 5 Oktober 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

23 September 2022

20:11 WIB

“Ngeri-Ngeri Sedap” Tayang Di Netflix Oktober

Film "Ngeri-Ngeri Sedap" telah tayang di bioskop pada Juni lalu dan berhasil meraih 2,8 juta penonton selama penayangannya.

Penulis: Andesta Herli Wijaya,

Editor: Rendi Widodo

“Ngeri-Ngeri Sedap” Tayang Di Netflix Oktober
Poster promosi "Ngeri-Ngeri Sedap". Dok. Imajinari

JAKARTA - Film “Ngeri-Ngeri Sedap” karya sutradara Bene Dion Rajagukguk akan segera tayang secara globall di Netflix. Pengumuman penayangan di platform streaming tak lama setelah film ini juga terpilih sebagai wakil Indonesia untuk Oscar 2023.

“Film yang akan mewakili Indonesia untuk melaju ke Piala Oscar 2023, ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ bakal bisa kamu tonton di Netflix tanggal 6 oktober,” bunyi pengumuman Netflix Indonesia melalui akun Instagram resminya, dikutip Jumat (23/9).

Karena tayang secara global, maka “Ngeri-Ngeri Sedap” pun diberi judul internasional, yakni “Missing Home”. Terkait hal ini sang sutradara Bene Dion mengaku sempat kesulitan mencari judul yang pas dalam bahasa Inggris, mengingat karakter judulnya yang unik.

Menurut Bene, sulit mencari padanan bahasa Inggris yang pas untuk “Ngeri-Ngeri Sedap”. Kesulitan itu tak lain karena istilah itu sendiri memang memiliki makna yang unik dan khas. Sebelum populer, istilah ini lebih dahulu menyebar di masyarakat Sumatera Utara, yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang mengerikan namun dalam waktu bersamaan juga ada sisi menyenangkan.

“Kami diskusi lama sekali untuk mencari judul bahasa Inggris untuk ‘Ngeri-Ngeri Sedap. Asli Pusing. Dan akhirnya semua sepakat pakai judul ini (‘Missing Home’),” ungkap Benne di cuitan Twitternya, Kamis (22/9).

“Ngeri-Ngeri Sedap” termasuk salah satu film Indonesia terlaris tahun ini. Film ini telah tayang di bioskop pada Juni lalu dan berhasil meraih 2,8 juta penonton selama penayangannya. Genre drama komedi yang ditawarkan, berhasil memikat banyak penonton.

Tapi tak hanya dari segi sajian, film panjang debutan Bene Dion Rajagukguk ini juga terdorong berkat ceritanya yang menarik, dengan latar budaya Batak yang kental. Film ini menyentuh hati banyak orang karena berhasil menggambarkan dilema antara adat dan anak muda, yang relevan dengan situasi hari ini di banyak komunitas masyarakat.

Kekuatan sajian dan muatan cerita itu pula yang mengantarkan film perdana dari rumah produksi Imajinari ini melaju ke Oscar 2023. Banyak judul film tanah air yang rilis tahun ini, dan sebagiannya juga punya prestasi membanggakan. Tapi, “Ngeri-Ngeri Sedap” tampaknya punya tawaran tersendiri untuk ajang tertinggi perfilman dunia tersebut.

“Ngeri-Ngeri Sedap” akan bertarung dengan film-film terbaik dari negara-negara lainnya di kategori Best Internasional Feature Film.

“Enggak menyangka dan tentunya senang dengan kabar baik ini. Semoga Pak Domu sekeluarga juga berkesan bagi Oscar,” ungkapnya. Lebih lanjut, ia juga berharap dengan terpilihnya Ngeri Ngeri Sedap ke ajang Oscar, dapat lebih menyebarluaskan budaya Batak,” ungkap Benne dalam keterangannya, beberapa waktu lalu.

“Ngeri Ngeri Sedap” dibintangi oleh Arswendy Bening Swara, Tika Panggabean, Gita Bhebhita, Boris Bokir, Lolox dan Indra Jegel. Adalah kisah yang berpusat pada Pak Domu dan Mak Domu, dua orang tua Batak yang menanggung rindu tak tertahankan pada anak-anak mereka yang merantau ke Jawa.

Singkatnya, film ini menggambarkan bagaimana pelik hubungan ayah dan anak, serta relasi antara generasi muda dengan adat dan budaya asalnya. Dalam hal ini yaitu adat Batak.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER