Selamat

Senin, 23 Mei 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

26 Januari 2022

17:12 WIB

Minyak Rosemary Untuk Atasi Kerontokan

Ekstrak daun rosemary dapat menstimulasi pertumbuhan rambut Kandungan senyawanya juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan bersifat anti peradangan.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Satrio Wicaksono

Minyak Rosemary Untuk Atasi Kerontokan
Ilustrasi minyak rosemary. Freepik/dok.

JAKARTA – Beberapa waktu lalu ramai di TikTok tentang penggunaan minyak rosemary untuk mengatasi kerontokan. Rambut rontok memang menjadi salah satu permasalahan yang hampir dialami oleh banyak orang.

Rambut rontok bisa disebabkan banyak hal, semisal gaya rambut tertentu yang membuat akar rambut tertarik, kekurangan vitamin, sedang menjalani diet ketat atau pengobatan khusus seperti kemoterapi, sedang mengalami stres, adanya perubahan hormon, hingga genetik.

Rambut rontok sebenarnya tidak berbahaya, namun bagi seseorang tentunya akan sangat mengganggu karena mengubah penampilan mereka. Meski begitu, apakah minyak rosemary dapat membantu mengatasi rambut rontok?

Sama seperti oregano, peppermint, dan kayu manis, rosemary merupakan termasuk dalam kategori rempah. Dilansir dari Healthline, minyak rosemary diketahui mengandung senyawa yang dapat membantu pertumbuhan sistem saraf, meningkatkan sirkulasi darah, dan bersifat anti peradangan. Kandungan tersebut bisa mencegah folikel rambut kekurangan suplai darah yang membuatnya menjadi rontok.

Dalam sebuah penelitian yang dirilis pada Skin Medicine pada 2015 lalu menemukan, menggunakan minyak rosemary sama efektif dan bermanfaatnya dengan minoxidil, obat yang diperuntukkan untuk pasien hipertensi dengan gejala kerontokan. Selain itu, minyak rosemary juga membantu efek samping lainnya dari kondisi tersebut seperti kulit kepala yang gatal dibandingkan minoxidil.

Penelitian lain yang dilakukan di Jepang menggunakan ekstrak daun rosemary juga memperlihatkan dapat menstimulasi pertumbuhan rambut, khususnya bagi kerontokan yang diakibatkan oleh hormon testosteron. Meski begitu, penelitian ini masih baru dilakukan pada tikus, bukan pada manusia.

Untuk merasakan manfaat dari penggunaan minyak rosemary, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti menggunakannya langsung ke kulit kepala atau dicampur pada sampo. Cara yang mana pun sebenarnya sama-sama bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut asalkan digunakan secara rutin sekitar satu sampai dua kali per minggu.

Hindari mengaplikasikan minyak rosemary langsung ke kulit kepala secara berlebihan, karena pada beberapa orang minyak rosemary bisa menimbulkan iritasi dan ketidaknyamanan meskipun tidak berbahaya. Begitupun penggunaan minyak rosemary pada ibu hamil dan menyusui karena masih belum cukup penelitian terkait hal itu.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER