Selamat

Selasa, 21 September 2021

10 September 2021|20:19 WIB

Menyusuri Ragam Pesona Wisata Timur Indonesia Di Maumere

Bagi kamu yang tertarik untuk meluaskan cakrawala wisata ke Indonesia bagian timur, Maumere bisa menjadi satu pilihan tepat.

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Rendi Widodo

ImageSebuah pemandangan di Bukit Kajuluwu. Ist/Iliya Inkov

JAKARTA – Mungkin kita sangat familiar dengan penggalan bait lagu “Gemu Fa Mi Re” yang hingga kini begitu populer menjadi ikon lagu tentang Kota Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur. Namun seperti apa bayangan kita ketika memikirkan Kota Maumere itu sendiri?

Dengan total luas wilayah 169,73 kilometer persegi, Maumere ternyata menyimpan ragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk melihat Indonesia Timur dari sudut pandang yang berbeda.

Bagi kamu yang tertarik untuk meluaskan cakrawala wisata ke Indonesia bagian timur, Maumere bisa menjadi satu pilihan tepat setelah meredanya tekanan pandemi yang mengunci jiwa. Apa saja destinasi yang menjadi pesona ibu kota Kabupaten Sikka ini? Cek pilihannya berikut ini.

Pantai Kajuwulu
Berlokasi sekitar 30 km dari pusat kota, Pantai Kajuwulu bisa dijadikan destinasi wisata pertama yang dikunjungi. Pantai ini memiliki daya tarik yaitu air laut biru dan pasir putih. Untuk lautnya sendiri juga bisa dinikmati untuk pengunjung yang ingin snorkeling menikmati pemandangan bawah laut dari Kajuwulu yang juga menjadi kebanggaan Indonesia Timur.

Di pantai ini wisatawan juga bisa mendaki Bukit Kajuluwu yang ada di sekeliling pantai untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Waktu yang tepat untuk mendaki bukit tersebut adalah pada saat matahari terbenang atau terbit.

Pantai Koka
Berolasi di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Pantai Koka menjadi salah satu destinasi wisata air andalan yang dimiliki Maumere. Meskipun berjarak sekitar 40 km dari pusat kota, pantai ini adalah surga tersembunyi dengan keindahan air laut biru, jernih, pasir putih halus dan terumbu karang. Wisatawan juga bisa melakukan surfing karena pantai ini memiliki ketinggian ombak hingga 1,5 meter.

Koka Beach juga dikelilingi oleh tebing batu menjulang yang bisa dijadikan latar foto bersama kawan maupun keluarga. Jika memiliki sedikit tenaga, bukit-bukit tersebut juga bisa didaki supaya wisatawan dapat menikmati keindahan Kota Maumere dari ketinggian.

Dari sana wisatawan dapat melihat pemandangan pulau-pulau kecil, salah satunya adalah Watu Kuda atau menurut kepercayaan masyarakat, karang besar itu adalah jelmaan seekor kuda yang suci.

Bukit Nilo Maumere
Nilo dalam bahasa Sikka memiliki arti terang. Hal itu sesuai karena bukit ini berada di ketinggian 1.600 Mdpl yang merupakan lokasi patung ikonik Bunda Maria. Lokasi ini menjadi tempat wisata religi karena pengunjung akan menyaksikan patung Bunda Maria setinggi 19 meter.

Maka dari itu, bukit Nilo bisa diartikan sebagai bukit tinggi yang dapat menerangi penduduk Maumere dan menjadi lokasi untuk menenangkan diri sembari melihat pemandangan kota Maumere.

Teluk Maumere
Kurang sah rasanya jika liburan di Maumere tetapi tidak menjajal pelbagai olahraga bawah lautnya. Keindahan alam bawah laut Maumere sendiri sudah diakui menjadi salah satu dari sembilan lokasi diving terbaik yang ada di Indonesia.

Teluk Maumere pernah menyabet The Most Popular Diving Spot dari Anugerah Pesona Indonesia (API) pada 2017.

Tak hanya menyelam, aktivitas lainnya yang bisa dilakukan adalah snorkeling dan berlayar. Di Teluk Maumere ini, pengunjung juga bisa menikmati keindahan 19 pulau di antaranya adalah Pulau Kojadoi, Pulau Koja Gete, Pulau Sukun, Pulau Babi, dan Pulau Kambing.

Desa Watublapi
Setelah puas berwisata alam, kita juga bisa merasakan wisata budaya di Desa Watublapi di Kajowair, Hewokloang. Desa ini masih menjunjung tinggi nilai adat dan budaya asli mereka. Di sini, wisatawan bisa menjelajahi kekayaan etnografi, arkeologi, budaya, kuliner, hingga menikmati arsitektur bangunan khas desa yang tiada duanya.

Desa Watublapi juga terkenal dengan kerajinan kain tenun yang dilakukan oleh para perempuan dengan proses pembuatan yang masih tradisional. Di desa ini hampir semua kaum perempuan bisa menenun dan laki-laki belajar beternak dan bercocok tanam.

Itu dia sedikit dari sekian banyak destinasi wisata yang bisa dieksplor di Maumere. Sebuah kota di mana keindahan alam bahari dan keceriaan masyarakat timur Indonesia melebur.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER