Selamat

Minggu, 25 Juli 2021

GAYA HIDUP

12 Juni 2021|09:15 WIB

Menpora Ajak Masyarakat Tetap Percaya Masa Depan Sepak Bola

Belakangan, banyak selebritas yang berlomba-lomba memiliki klub sepakbola nasional

Oleh: Faisal Rachman

ImageMenpora Zainudin Amali menjelaskan soal Inpres Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional, Jumat (11/6). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengajak seluruh pihak menjaga kepercayaan masyarakat terhadap masa depan sepak bola. Hal ini disampaikannya seiring masuknya kalangan artis dan pengusaha yang berinvestasi dalam klub sepak bola.

"Pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta asprov, askab, askot PSSI harus bisa menjaga ini," kata Zainudin saat konferensi pers virtual, Jumat (11/6) malam.

Konferensi pers yang digelar dari Yogyakarta itu dalam rangka sosialisasi Instruksi Presiden Nomor 3/2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

"Sekarang orang sudah senang mau nonton sepak bola kita karena mereka melihat dan percaya sepak bola kita menuju ke arah yang benar," kata dia.

Namun, Amali mengingatkan jika nantinya muncul persoalan yang mencederai sepak bola maka kepercayaan publik juga bakal turun.

"Misalnya, tiba-tiba ada perkelahian antarpemain, ini akan menurunkan trust publik. Antara pelatih satu tim dengan pemain, wasit tidak netral, isu skor diatur, dan sebagainya," imbuhnya.

Walaupun sulit dibuktikan, misalnya soal pengaturan skor, kata dia, kalau sudah menjadi rumor atau isu di publik maka akan mempengaruhi kepercayaan publik.

"Kita berharap industri sepak bola akan maju dengan banyak pihak mulai tertarik untuk investasi di sepak bola. Tapi kewajiban pemerintah, kewajiban federasi menjaga trust itu," kata Zainudin.

Dia mencontohkan Piala Menpora 2021 yang menjadi uji coba laga di tengah pandemi ternyata mendapatkan kepercayaan publik yang luar biasa.

"Kalau publik merasa nyaman, enak nonton sepak bola kita, walaupun prestasinya belum ya. Karena membangun satu tim tidak mudah, itu butuh waktu. Akan berkembang hari demi hari," pungkas dia.

Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto sepakat. Menurutnya, kepercayaan masyarakat terhadap persepakbolaan Indonesia yang mulai tumbuh harus dijaga.

"Terkait anak-anak entertainer yang sekarang bergabung, saya sependapat dengan Pak Menteri, dan saya siap untuk menjalankan apa yang diarahkan Pak Menteri bahwa federasi dalam hal ini berkewajiban menjaga trust publik terhadap sepak bola," kata dia. 


Pesepak bola Timnas U-23 Kushedya Hari Yudo (kanan) berebut bola dengan penjaga gawang Tira Persikab o Syahrul Trisna dalam laga uji coba di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (5/3/2021). Pertadingan tersebut digelar dalam rangka persiapan Timnas U-23 jelang SEA Games 2021 di Vietnam. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto 

 

Klub Selebritas
Seperti diketahui, belakangan para selebritas seolah-olah berlomba memiliki klub sepakbola profesional. Awal Juni kemarin, Aktor Gading Marten mengakuisisi klub bola Persikota Tangerang menyusul sejumlah selebritas yang terjun dalam dunia sepak bola.

"Persikota Tangerang secara resmi telah mencapai kata sepakat dengan salah satu tokoh, artis, pengusaha dan pegiat sepakbola ternama tanah air untuk bersama memajukan Bayi Ajaib lolos ke liga 2 musim ini," kata manajemen Persikota disertai foto dalam akun Instagram @persikotafc1994
 
Pengumuman klub Liga 3 itu disambut baik oleh rekan selebritas Gading yang terlebih dulu mengakuisisi klub sepak bola, Raffi Ahmad. Dalam kolom komentar, chairman RANS Cilegon FC itu menyelamati Gading, "Congratz brooo," tulis @raffinagita1717.
 
Raffi telah terlebih dahulu menerjuni dunia sepak bola dengan mengakuisisi Cilegon United, menjadi RANS Cilegon FC, akhir Maret lalu. Langkah tersebut juga diikuti oleh YouTuber dan pengusaha Atta Halilintar yang akan mengumumkan klub miliknya dalam waktu dekat.
 
Atta bahkan telah bertemu dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan Jumat 28 Mei untuk mengutarakan rencananya ini. Meski begitu, suami Aurel Hermansyah itu belum siap mengungkapkan klub yang akan diakusisinya. 

Suami dari Aurel Hermansyah itu hanya meminta publik menanti, klub sepakbola apa yang akan dibelinya. Ia mengaku akan berpartner dengan seorang teman dalam mengelola klub bola miliknya.
 
 "Semoga ke depannya bisa ikut join nanti ada klub bola yang bisa bekerja sama dan bisa ikut memajukan sepak bola Indonesia karena bola satukan kita juga," kata Atta.
 
 "Kita tunggu Atta di sepak bola Indonesia," timpal Iriawan.

Tidak hanya Atta, aktor dan presenter Rizky Billar juga tertarik mendukung dunia sepak bola Indonesia. Dari unggahan akun media sosialnya, diketahui Rizky pada Kamis 27 Mei telah bertemu dengan dengan Gubernur Sumatera Utara yang juga pembina PSMS Medan, Edy Rahmayadi.
 
Terlahir sebagai orang Medan, Rizky mengaku ingin memajukan PSMS Medan, apalagi dia adalah supporter klub ini. Sementara itu, Edy Rahamayadi bangga PSMS Medan begitu dicintai oleh banyak kalangan, termasuk artis. Menurut dia, suntikan semangat ini sangat dibutuhkan untuk lebih meningkatkan animo masyarakat untuk terus mendukung PSMS Medan.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER