Selamat

Rabu, 20 Oktober 2021

07 Oktober 2021|18:59 WIB

Mengintip 5 Titik Wisata Di Sekitar Lukas Enembe Stadium

Bumi Cendrawasih sendiri dikenal sebagai provinsi yang memiliki panorama alam yang mempesona. Sayang kalau dilewatkan begitus saja

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Rendi Widodo

ImageLukas Enembe Stadium. Dok. Ist./M Subhan Nur

JAKARTA – Pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX sedang berlangsung di Bumi Papua, ada 7.039 atlet dari 34 Provinsi di Indonesia berjuang memperebutkan sebanyak 2.239 medali dari 37 cabang olahraga yang dipertandingkan. 

Pagelaran ini juga sebagai multievent olahraga pertama yang diselenggarakan Indonesia di tengah kondisi pandemi covid-19.

Penyelenggaraan PON XX Papua juga bukan tanpa persiapan. Dari tahun 2018, pemerintah telah membangun Lukas Enembe Stadium yang berada di Kampung Harapan, Nolokla, Sentani Timur, Jayapura, sebagai venue utama.

Menilik lokasi PON XX di Papua, tentu kita juga bisa melihat apa saja destinasi wisata yang bisa menjadi daya tarik di sekitar Lukas Enembe Stadium. Sebagaimana diketahui, Bumi Cendrawasih sendiri dikenal sebagai provinsi yang memiliki panorama alam yang mempesona.

Yuk, kita kelilingi destinasi wisata di sekitar venue utama PON XX.

Situs Megalitik Tutari
Di bagian barat Danau Sentani, terdapat destinasi wisata prasejarah. Situs yang berada di Bukit Tutari ini dipercaya oleh masyarakat lokal sebagai tempat yang disakralkan karena diyakini sebagai tempat bersemayamnya roh nenek moyang.

Wisatawan yang datang akan menyaksikan bongkahan batu berwarna hitam di puncaknya. Di beberapa batu tersebut terdapat lukisan peninggalan suku Tutari yang pernah hidup pada masa prasejarah. 

Setelah diteliti lukisan tersebut dibuat dengan tangan manusia menggunakan goresan batu. Kebanyakan motif pada lukisan batu tersebut merupakan gambar flora, fauna, manusia, budaya, geometri, dan benda-benda yang ada di Danau Sentani.

Selain itu, di puncaknya juga ada sebanyak 110 buah batu menhir. Juga ada susunan batu temu gelang, batu berjajar, dan batu-batu berlukis yang tersebar di antara tingginya semak belukar dan pohon kayu putih. Situs ini bisa jadi surganya penggemar arkeologi.

Monumen Douglas MacArthur
Tugu MacArthur yang berada di Ifar Gunung, Sentani merupakan saksi penting bagaimana Perang Dunia Ke-2 pernah terjadi di tanah Papua. Tugu MacArthur ialah tanda invasi pasukan sekutu di wilayah pasifik pada tahun 1941-1945. Kala itu sekutu sedang mempersiapkan penyerangan terhadap Jepang yang sedang menguasai Filipina.

Seperti namanya, McArthur sendiri diambil dari nama Panglima Besar Amerika Serikat yaitu Douglas MacArthur. Dalam melakukan invasi, ia memerintahkan anak buahnya untuk mendirikan markas di Ifar Gunung.  

Selain memiliki sejarah yang bisa dipelajari, Tugu MacArthur juga memiliki panorama alam yang luar biasa. Dari ketinggian, wisatawan bisa menikmati keindahan Danau Sentani beserta gugusan pulau-pulau kecil dan pegunungan yang mengitarinya. 

Tempat ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Pantai Khalkote
Pantai Khalkote berlokasi di Asei Besar, Sentani Timur. Pantai Khalkote sendiri menjadi destinasi wisata yang paling dekat dari Lukas Enembe Stadium. Wisatawan hanya perlu menempuh jarak 4,3 kilometer dengan waktu tempuh sembilan menit. 

Untuk diketahui, Pantai Khalkote merupakan venue utama pagelaran Festival Danau Sentani yang biasanya digelar setiap tahun.  

Meskipun namanya adalah pantai, nyatanya tempat ini adalah sebuah danau alami yang dikelilingi oleh perbukitan. Jika wisatawan ingin berkeliling danau maka bisa langsung menuju dermaga yang menyediakan penyewaan perahu.

Pholeuw Park
Tidak jauh dari Pantai Khalkote, wisatawan juga bisa mampir ke Pholeuw Park. Destinasi ini adalah spot terbaik untuk menikmati indahnya Danau Sentani. Dari ketinggian, wisatawan akan menikmati lanskap alam yang membentang mengitari Danau Sentani.   

Untuk diketahui, taman ini dulunya adalah sebuah tempat yang tidak digunakan sehingga menimbulkan suasana angker. Suasana seram tersebut ditambah dengan tebalnya kabut yang menutupi tatkala sore menjelang. Karen memiliki potensi wisata yang bagus, maka tempat ini disulap menjadi lokasi wisata unggulan.

Telaga Jokin
Bagi penggemar fotografi, maka Telaga Jokin yang berada di Dobonsolo, Sentani, Jayapura adalah jawabannya. Di tempat ini terdapat berbagai instalasi yang cukup Instagramable

Misalnya, gerbang utama hingga pagar warna-warni pada sisi kanan dan kiri gerbang yang dihiasi oleh beragam lukisan bunga.

Juga ada jembatan kayu yang dihiasi oleh deretan payung berwarna-warni. Selain itu, di sini juga ada hamparan bunga yang ditanaman di atas ban bekas. Tempat ini juga menjadi destinasi wisata yang ramah terhadap keluarga karena memiliki beberapa spot permainan anak.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER