Selamat

Rabu, 20 Oktober 2021

14 Oktober 2021|09:41 WIB

Mengenal Manfaat Konsep Kecantikan Waterless Beauty

Jadi, lebih sedikit air pada produk kecantikan. Artinya, bahan pengawet yang digunakan juga lebih sedikit.

Penulis: Chatelia Noer Cholby,

Editor: Rendi Widodo

ImageIlustrasi peralatan kosmetik. Pixabay/Free Photos

JAKARTA – Beberapa waktu belakangan ini waterless beauty mulai dikenal di dunia kecantikan. Konsep kecantikan ini terinspirasi dari perawatan kulit di Korea Selatan.

Konsep ini merujuk pada penggunaan produk kecantikan yang hanya memiliki sedikit atau tidak ada kandungan air. Waterless beauty ini pun hadir karena melihat banyaknya produk kecantikan yang mengandung bahan tersebut.

Sebab, kandungan air dapat digunakan sebagai pelarut untuk melarutkan bahan aktif berbentuk padat atau gas. Kemudian, cairan ini dapat digunakan juga untuk membentuk dan melembutkan tekstur produk tersebut.

Bila air berfungsi seperti itu, lalu mengapa kita perlu melakukan waterless beauty? Yuk, simak alasannya di bawah ini!

Mengurangi kontaminasi pengawet
Susanne Langmuir, founder and CEO aN-Hydra Skin mengatakan, kandungan air yang terdapat pada produk kecantikan bisa memengaruhi kondisi kulit. Meskipun, air bermanfaat untuk hidrasi.

"Namun, air ini merupakan tempat berkembang biak kuman. Jika ada air, ada juga bakteri," ujarnya dilansir dari Vogue.

Kemudian, Morgan Rabach, M.D., Co-founder LM Medical New York City mengungkapkan, bahwa produk-produk yang menggunakan kandungan tersebut, tentu ditambahkan pengawet juga. Sebab, bahan pengawet ini ditujukan untuk mengurangi pertumbuhan bakteri pada air.

"Jadi, lebih sedikit air pada produk kecantikan. Artinya, bahan pengawet yang digunakan juga sedikit," tuturnya dilansir dari PureWow.

Menghindari Iritasi Kulit
Shanu Walpita, Trend Forecaster & Founder of Futurewise Studio mengatakan, bahwa produk kecantikan yang menggunakan air sebagai pelarut, bisa membuat kulit jadi kering. Sebab, air cepat menguap dan membawa kandungan minyak yang baik untuk kulit.

"Bahkan, lebih ekstrem lagi bisa menyebabkan timbulnya jerawat hingga iritasi kulit," ujarnya.

Mengurangi pencemaran air
Selain berdampak pada tubuh, penggunaan air ini juga dapat memengaruhi lingkungan. Seperti diketahui, produk kecantikan ini biasa dibuat dengan kemasan berbahan plastik.

Bila air ditambahkan ke dalam formula kecantikan, tentu efektivitas produk secara keseluruhan akan berkurang. Meski begitu, semakin banyak juga orang yang akan mengonsumsinya.

Hal ini pun akan membuat semakin banyak kemasan produk yang dibutuhkan. Hingga akhirnya situasi tersebut dapat menciptakan lebih banyak polusi air. Limbah kemasannya pun semakin bertambah.

Dengan waterless beauty ini, kita dapat mengurangi pencemaran lingkungan seperti itu. Sebab, kita dapat menggunakan air secara bijak dan mengurangi limbah dari kemasan tersebut.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA