Selamat

Sabtu, 19 Juni 2021

TEKNO

11 Juni 2021|16:01 WIB

Luna Maya Dan Tokau Akan Rilis NFT Karya Orisinal

NFT digital karya Luna Maya ini akan dirilis dengan jumlah terbatas, hanya sepuluh item saja.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageLuna Maya digandeng Tokau hadirkan NFT karya digital edisi terbatas. Sumberfoto: ANTARAFOTO

JAKARTA – Selebriti asal Indonesia Luna Maya akan meluncurkan Non-Fungible Token (NFT) karya orisinal berkolaborasi dengan Tokau, perusahaan asal Jepang. Bersama dengan Gushcloud International, NFT digital Luna Maya ini akan dirilis dengan jumlah terbatas, hanya sepuluh item saja.

Tokau merupakan perusahaan yang telah berpengalaman membuat berbagai NFT karya digital untuk para selebriti di Jepang. Nantinya, Luna Maya akan memasarkan NFT karyanya secara eksklusif di platform jual beli NFT, Bakery Swap. 

"Kerja sama ini hanya awal dari inisiatif NFT yang sudah kami siapkan. Kami dan Luna Maya sudah berdiskusi untuk beberapa proyek NFT lainnya. Kami berharap kerja sama ini bisa membuka pintu untuk lebih banyak selebriti dan kreator tanah air untuk meluncurkan karya digital dan NFT-nya ke mancanegara," kata Country Director Gushcloud Indonesia, Oddie Randa, dalam keterangannya, Kamis (10/6). 

Luna Maya pun mengungkapkan antusiasmenya terhadap perilisan NFT karya digitalnya itu melalui sebuah video di media sosial Instagram beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, dirinya sangat bersemangat dan berharap para penggemarnya menantikan peluncuran NFT karya digitalnya itu. 

NFT merupakan representasi digital suatu aset yang tidak dapat dipertukarkan di dunia nyata. Sejak tahun 2014, popularitas NFT di dunia maya semakin mengalami peningkatan. Beberapa seniman berhasil mendapatkan penghasilan dan apresiasi yang cukup besar melalui NFT. 

Seniman digital Beeple misalnya, dikutip dari CNN, berhasil menjual karya digital NFT lebih dari US$69 juta atau setara dengan Rp979 miliar.  

Ada juga tweet pertama pendiri Twitter Jack Dorsey yang dijual dengan harga US$2,9 juta atau sekitar Rp41 miliar. 

Sayangnya, NFT masih sangat minim regulasi. Seniman digital Corbin Rainbolt contohnya, pada Maret 2021 lalu menemukan ada seseorang yang mengunggah karyanya di Twitter dan menjualnya sebagai NFT di luar dari persetujuannya. 

Meski begitu, belum diketahui berapa harga NFT karya orisinil Luna Maya ini. Masih belum diketahui pula upaya preventif seperti apa yang akan dilakukan Pemerintah dan Guscloud Indonesia untuk mencegah terjadinya pembajakan karya NFT.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA