Selamat

Jumat, 24 September 2021

04 Agustus 2021|09:08 WIB

Login Twitter Kini Bisa Lewat Akun Google atau Apple

Meski demikian masih ada sedikit keterbatasan

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi twitter. Shutterstock/dok

JAKARTA – Aplikasi media sosial Twitter, kini bisa digunakan tanpa perlu melakukan pendaftaran atau sign in lebih dulu di platform mereka. Sekarang, orang-orang yang ingin menggunakan Twitter bisa langsung mengakses lewat akun Google atau Apple ID yang sudah mereka miliki sebelumnya. 

"Masuk dengan mudah dan mulailah gulirkan timeline Anda," tulis Twitter lewat @TwitterSupport, Selasa (3/8). 

Kemampuan ini sudah bisa digunakan secara luas, setelah bulan lalu hanya baru sebatas uji coba di Twitter versi Beta. Namun masih ada sedikit batasan, seperti yang juga diutarakan Twitter lewat pengumumannya itu.

Pada saat, login menggunakan Akun Google sudah bisa diakses melalui aplikasi dan juga website, sementara untuk login menggunakan Apple ID baru bisa dilakukan di gadget berbasis iOS, dan belum bisa melalui website (termasuk aplikasi deskop Twitter yang ada di Mac)

Selain itu, jika pengguna sudah membuat akun menggunakan Apple ID, maka setelahnya akunnya itu tidak bisa diakses melalui perangkat atau smartphone Android. Sebab, memang tidak akan ada pilihan tombol "lanjutkan dengan Apple" atau "Continue with Apple", saat mengakses Twitter melalui ponsel Android.

Terlebih lagi, pengguna juga tidak bisa mengubah kata sandi setelah membuat akun dengan login di Apple. Sehingga tidak mungkin mereka login, dengan cara biasa (memasukan user name dan password) di Android.

Satu-satunya cara jika sudah telanjur membuat akun Twitter menggunakan Apple ID, namun kemudian mau mengaksesnya melalui ponsel Android, yakni dengan lebih dulu memutus sambungan (un-connect) akun Twitter tersebut dari Apple ID.

Setelah memutuskan sambungan tersebut, pengguna kemudian dapat melakukan penyetelan ulang kata sandi. Hingga kemudian bisa mengakses Twitter dengan cara seperti biasa.

Cara tersebut juga berlaku bagi mereka yang sudah membuat akun Twitter menggunakan akun Google. Namun kemudian mau mengaksesnya menggunakan smartphone berbasis iOS atau Apple.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER