Selamat

Senin, 8 Agustus 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

27 Juni 2022

18:44 WIB

LG Electronics Terjun Ke Bisnis Pengisian Daya Mobil Listrik

LG memanfaatkan peluang bisnis di sektor pengisian daya mobil listrik yang diyakini akan tumbuh pesat di masa mendatang.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

LG Electronics Terjun Ke Bisnis Pengisian Daya Mobil Listrik
Logo perusahaan LG. Antara/Reuters

JAKARTA - LG Electronics (LG) akan memperlebar lini bisnis ke sektor baterai mobil listrik. Apa yang dilakukan LG tentu tak lepas dari peluang bisnis yang diyakini akan tumbuh dengan pesat di masa depan.

Pihaknya telah mengakusisi perusahaan penyedia pengisi daya kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) Korea Selatan, AppleMango. Selain itu, akuisisi juga dilakukan terhadap operator stasiun pengisian EV GS Energy, dan penyedia teknologi informasi (TI) GS Neotek.

"Pasar pengisian EV diperkirakan akan tumbuh pesat karena lonjakan permintaan untuk kendaraan yang lebih ramah lingkungan," kata Paik Ki-mun, wakil presiden senior LG Electronics Business Solutions Company dalam keterangan resminya.

Akuisisi ini akan membuat LG menjadi penyedia solusi terintegrasi, menyatukan kemampuan pengembangan pengisi daya baru dan sistem manajemen pengisian daya kendaraan listrik yang dikembangkan mereka sepenuhnya sendiri.

Selain itu, langkah ini diharapkan dapat menciptakan sinergi dengan upaya yang sedang berlangsung di bidang komponen kendaraan, termasuk dalam pengembangan dan upaya penyediaan pasokan baterai EV dan produk yang terkait, seperti sistem penyimpanan energi (ESS) dan solusi manajemen energi.

Langkah strategis tersebut  juga akan dikombinasikan dengan keahlian dan pengalaman LG di segmen B2C (business-to-consumer) dan B2B (business-to-business), sehingga memungkinkan mereka untuk membuat stasiun pengisian berfitur lengkap dengan tampilan antarmuka (user interface) yang ramah pengguna dan kontrol/manajemen real-time.

"Dengan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman kami di sektor B2B, kami akan menawarkan solusi pengisian kendaraan terintegrasi yang disesuaikan untuk beragam pelanggan, meningkatkan daya saing bisnis kami yang ada dan memastikan kesiapan kami untuk peluang di masa depan," ungkap Paik Ki-mun.

Dengan akuisisi yang dilakukan ini, semakin membuat lengkap portofolio perusahaan asal Korea Selatan tersebut dalam industri mobil listrik. Di mana mereka pertama kali menginjakan kakinya pada tahun 2013 silam, dengan mendirikan perusahaan LG Vehicle Component Solutions.

Sebelum masuk ke bisnis pengisian daya, LG  juga telah membentuk usaha patungan dengan Magna International pada Desember 2020 untuk memproduksi e-motor, inverter, dan biaya onboard.

Kedepannya raksasa teknologi yang telah memutuskan angkat kaki dari industri ponsel tersebut juga berencana untuk mendirikan lini produksi pengisi daya EV di LG Digital Park di Korea Selatan pada akhir tahun ini. Tujuannya agar mereka kelak bisa menyediakan solusi pengisian mobil listrik yang bisa disesuaikan untuk tempat tinggal pribadi, pusat perbelanjaan, hotel, dan lembaga publik. 




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER