Selamat

Senin, 8 Agustus 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

05 Juli 2022

11:49 WIB

Legenda Bob Tutupoly Tutup Usia

Bob Tutupoly yang sudah menjadi salah stau legenda musik Indonesia akhirnya tutup usia.

Editor: Rendi Widodo

Legenda Bob Tutupoly Tutup Usia
Bob Tutupoly tutup usia. Dok. Antara

JAKARTA – Penyanyi legendaris Bobby Williem Tutupoly atau yang lebih dikenal dengan Bob Tutupoly tutup usia dalam usia 82 tahun.
 
Kabar meninggalnya pelantun lagu "Widuri" tersebut disampaikan oleh rekan sesama musisi Addie MS melalui media sosial Instagram.
 
"Selamat jalan, Om Bob Tutupoly," tulis Addie di akun Instagramnya @addiems999, dikutip dari Antara, Selasa (5/7).

Kesehatan Bob Tutupoly dikabarkan mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Penyanyi Yuni Shara pada pertengahan Mei lalu sempat mengunggah video di akun Instagramnya (@yunishara36) yang memperlihatkan kondisi Bob sedang duduk di atas kursi roda.
 
"Semangat sehat Oom Bob," tulis Yuni Shara kala itu.
 
Musisi Stanley Tulung mengabarkan bahwa jenazah Bob Tutupoly disemayamkan di Rumah Duka RS Siloam Semanggi, Jakarta.

Bob Tutupoly lahir di Surabaya, Jawa Timur 13 November 1939. Selain "Widuri", penyanyi yang juga eksis sebagai aktor dan pembawa acara itu juga menelurkan sejumlah hits, di antaranya lagu berjudul "Tiada Maaf Bagimu" dan "Lidah Tidak Bertulang".

Semasa SMA dirinya pernah bergabung dengan kwartet Jazz di RRI Surabaya. Bob lalu bergabung dengan beberapa grup band lainnya untuk mengasah kemampuan bernyanyinya.
 
Hingga pada 1963, Bob Tutupoly bergabung dalam grup The Riders untuk menggantikan posisi vokalis yang ditinggal oleh Bill Saragih. Bersama The Riders, Bob mulai mendapat kesempatan untuk pentas di berbagai panggung pertunjukan hingga televisi.
 
Bob semakin mengembangkan kariernya dengan merekam berbagai lagu seperti "Gunung Seribu Janji", "Tak Mungkin Kulupa", "Tiada Maaf Bagimu", dan "Batu Nisan". Lagu-lagu tersebut ia bawakan tak hanya di Indonesia tetapi juga di Malaysia, Singapura, dan Hongkong.

Terciptanya lagu "Widuri"
Pada 1976, Bob akhirnya kembali ke Indonesia. Tidak lama setelah itu, tepatnya pada 1977, lagu "Widuri" rilis dan menjadi lagu fenomenal yang berhasil terjual sebanyak 650.000 salinan.
 
Bob pernah menceritakan sejarah terciptanya lagu "Widuri" ini. Saat itu, Bob yang sedang menyiapkan 11 lagu untuk albumnya didatangi seorang remaja bernama Slamet Adriyadie. Dialah pencipta lagu "Widuri".
 
Slamet kemudian meminta waktu kepada Bob agar mau mendengar lagu ciptaannya. Ketika itu, teman Bob melarang dan mengatakan bahwa lagu Slamet pasti jelek. Hinaan itu membuat Bob merasa marah dan justru menjadi ingin mendengar karya Slamet.

Akhirnya, dia mendengar lagu yang diciptakan Slamet dan bersama-sama memodifikasinya hingga tercipta lagu "Widuri".
 
Selain "Widuri", penyanyi berdarah Ambon itu juga menelurkan sejumlah hits, di antaranya lagu berjudul "Tiada Maaf Bagimu" dan "Lidah Tidak Bertulang". Sederet penghargaan juga berhasil diraihnya, termasuk "Legend Award" dari ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2015.

Sepanjang perjalanan karirnya, Bob telah menelurkan sejumlah album yakni The Best Song Of Bob Tutupoly Widuri, Album Nostalgia 2, Album Cinta Nostalgia 2, dan Tembang Kenangan Pop Indonesia Vol 6 "Kerinduan".
 
Bob Tutupoly juga dikenal sebagai duta budaya. Dirinya pernah membawa rombongan kesenian Celaku "Siswa Lima" pergi pentas ke beberapa kota di Belanda pada 1985 dan 1988.
 
Pada akhir hidupnya, Bob lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga setelah terserang stroke. Kesehatannya terus menurun hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Mayapada pada Selasa pukul 00.03 WIB. Selamat jalan legenda, karyamu abadi! 

 




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER