Selamat

Rabu, 20 Oktober 2021

13 Oktober 2021|18:49 WIB

Kurangi Risiko Stres Saat Berkendara, Waze Gandeng Aplikasi Meditasi

Fitur ini dirancang untuk membantu pengemudi menemukan hal-hal yang menggembirakan saat berkendara.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageIlustrasi wanita kesal karena macet di jalan. Shutterstock/dok

JAKARTA - Padatnya kondisi jalan raya yang berujung kemacetan, acap kali menimbulkan stres bagi para pengguna kendaraan, khususnya di kota-kota besar. Sebagai salah satu aplikasi navigasi, Waze coba meminimalisir risiko stres tersebut lewat kemitraan dengan aplikasi meditasi, Headspace.

Dalam pengumuman di halaman Medium resmi Waze, dijelaskan bahwa kemitraan ini dilakukan untuk menemukan cara memerangi efek negatif lalu lintas, serta mendorong pengemudi untuk menikmati perjalanan mereka. Termasuk juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, yang jatuh pada 10 Oktober lalu.

Dalam kemitraan tersebut, Waze menghadirkan "Drive with Headspace", yang dirancang untuk membantu pengemudi mempelajari cara menemukan lebih banyak kegembiraan dan makna dalam perjalanan, melalui petunjuk navigasi khusus dari pengajar mindfulness dan direktur meditasi Headspace , Eve Lewis Prieto.

Untuk menempatkan pengendara dalam pola pikir yang benar dalam mengambil rute perjalanan mereka, pengalaman mengemudi bersama Headspace di Waze akan menghadirkan 5 pilihan suasana hati. Mulai dari Sadar (Aware), Cerah (Aware), Penuh Harapan (Hopeful), Menyenangkan (Joyful), dan Terbuka (Open).

Selain itu ada juga kemampuan untuk menukar ikon mobil dalam aplikasi, dengan ikon atau gambar balon udara yang tersenyum. Pengemudi juga dapat memutar playlist Spotify mereka melalui musik dan konten Headspace, yang juga tersedia melalui Waze Audio Player.

Pengalaman berkendara dengan Headspace sudah tersedia saat ini bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, dan Portugis. Pengguna dapat mengaktifkan pengalaman dengan mengetuk "Waze Saya" untuk menemukan spanduk "Berkendara dengan Headspace", kemudian memilihnya.

Buat Waze sendiri, fitur ini bukan hal baru. Sebab sudah beberapa tahun terakhir, untuk membuat perjalanan para penggunanya lebih menghibur, mereka meluncurkan beberapa tema pengalaman berkendara. Seperti misalnya, pengalaman bertema Paw Patrol , Fraggle Rock, dan Pride, yang juga terintegrasi dengan sejumlah layanan berlangganan, seperti Audible , Spotify , Pandora, YouTube Music, dan iHeartRadio untuk memudahkan navigasi saat menggunakan aplikasi favorit pengguna masing-masing.

"Anda dapat mulai menggunakan pengalaman Headspace di Waze untuk mempelajari cara menumbuhkan pikiran yang lebih sadar, terbuka. Dengan mengarahkan perhatian Anda pada tugas mengemudi, dan melepaskan emosi yang tidak bermanfaat bagi Anda," kata Eve Lewis.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA