c

Selamat

Kamis, 28 Maret 2024

KULTURA

22 Desember 2021

14:58 WIB

Kisah Inspiratif Ibu Rumah Tangga Masa Kini

Menjadi seorang ibu, kini tidak lagi hanya sebatas mengurus rumah tangga dan buah hati. Seiring berkembangnya zaman, ibu-ibu masa kini tetap bisa meraih cita tanpa mengurai segala peran utamanya.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya

Editor: Satrio Wicaksono

Kisah Inspiratif Ibu Rumah Tangga Masa Kini
Kisah Inspiratif Ibu Rumah Tangga Masa Kini
Ilustrasi seorang ibu yang sedang mengajarkan anaknya memasak. Freepik/dok.

JAKARTA - Hari Ibu jatuh pada tanggal 22 Desember. Ibu biasanya lekat dengan kesibukannya dalam mengurus rumah tangga dan anak. Namun, berkat perkembangan teknologi yang ada saat ini, peran ibu ikut mengalami perkembangan dan perubahan.

Ibu tidak lagi hanya berada di rumah dan mengurus segala urusan rumah tangga, tetapi juga bisa berkarya dan mengejar impian dan harapan mereka. Seperti Sherin Hawadi, seorang dokter gigi dan juga ibu rumah tangga.

Ia menjalankan bisnis fesyen muslimnya sejak 2018 bernama Syaline Hijab. Bisnis tersebut bermula ketika ia mulai mengenakan hijab dan merasa kesulitan mencari busana muslim tertutup tetapi tetap bisa mengikuti tren.

Akhirnya, di tengah kesibukannya sebagai dokter gigi, Sherin memutuskan untuk memulai bisnisnya. Ia menjual produknya di media sosial dan melayani konsumen secara langsung. Barulah kemudian di 2019, Sherin merambah bisnisnya di platform e-commerce guna memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin banyak.

Meski sibuk, tetapi Sherin tidak meninggalkan perannya sebagai seorang ibu. Menurutnya, menjadi seorang ibu adalah tugas yang harus dijalankan 24 jam selama 7 hari. Tetapi, bukan berarti menjadi seorang ibu lantas harus rela meninggalkan mimpi dan cita-citanya,

"Membagi waktu menjadi dokter gigi, ibu, isteri, dan pengusaha memang tidak mudah. Tetapi dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, saya bisa mengelola bisnis dengan mudah, saya juga bisa menjalankan berbagai peran dengan lebih baik," cerita Sherin dalam keterangannya, Rabu (22/12).

Lain lagi dengan cerita Arlin Chondro, seorang ibu rumah tangga tangguh yang memulai bisnisnya karena ingin menciptakan produk untuk anaknya yang menderita asma. Arlin menempuh berbagai cara agar gejala asma yang diderita oleh anaknya bisa berkurang.

Akhirnya, ia menemukan cara alternatif untuk mengurangi efek samping dari obat-obatan dan gejala asma dengan essential oils. Arlin pun belajar cara meracik essential oils hingga menemukan racikan yang dirasanya cocok untuk sang anak.

Lambat laun, racikan essential oils Arlin dirasakan manfaatnya bukan hanya oleh sang anak, melainkan juga oleh keluarga dan kerabat. Berangkat dari sana, ia pun mulai serius memproduksi essential oils hasil racikannya sendiri dan mendirikan bisnis Peek Me Naturals.

"Karena saya juga ingin produk ini dapat menjangkau dan membantu lebih banyak lagi orang yang membutuhkan dan memang ini sudah saya mulai sebelum essential oils booming seperti sekarang ini," papar Arlin.

Cerita Sherin dan Arlin memberikan inspirasi, bahwa menjadi seorang ibu bukan berarti tidak bisa meraih mimpi dan cita-cita mereka. Walaupun tentu saja, jalan yang diarungi tidaklah mudah karena mereka harus banyak membagi waktu antara urusan rumah dan pekerjaan. Untuk seluruh ibu di luar sana, selamat Hari Ibu!


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER