Selamat

Kamis, 1 Desember 2022

KULTURA | Validnews.id

KULTURA

20 Juni 2022

08:06 WIB

Kalbe Luncurkan Uji Bakat Anak Berdasarkan Faktor Genetik

Kalbe luncurkan pemeriksaan genetik terbaru di Indonesia bernama KiddyGENME untuk anak dan PrimeGENME untuk pemeriksaan kesehatan orang tua.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Satrio Wicaksono

Kalbe Luncurkan Uji Bakat Anak Berdasarkan Faktor Genetik
Ilustrasi anak sedang bermain organ. Pixabay

JAKARTA - Kalbe meluncurkan pemeriksaan genetik terbaru di Indonesia bernama KiddyGENME dan PrimeGENME. 

Kedua pemeriksaan genetik tersebut dapat menganalisis variansi DNA yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak, serta risiko terhadap penyakit degeneratif yang kerap kali menyerang usia lanjut dan produktif.

Berkolaborasi dengan Imagene Labs dari Singapura, pemeriksaan genetik KiddyGENME dan PrimeGENME bertujuan untuk menunjang gaya hidup yang terpersonalisasi, sehingga dapat memaksimalkan kualitas hidup seseorang.

"KiddyGENME menjadi penilaian bakat dan kepribadian terlengkap untuk tumbuh kembang anak berdasarkan genetik dan pendekatan praktis. Sementara PrimeGENME adalah solusi total untuk memprediksi penuaan dan penilaian risiko penyakit degeneratif yang mungkin menyerang pada usia lanjut berdasarkan genetik," tutur General Manager of Kalbe Genomics Business, Julito Siahaan, dalam konferensi pers peluncuran KiddyGENME dan PrimeGENME di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pemeriksaan KiddyGENME meng-cover lebih dari 300 gen market dan dapat memberikan informasi tentang 34 panel kecenderungan anak terhadap kepribadian, talenta, hingga perilaku makan anak. 

Sejumlah 34 panel tersebut juga mencakup impulsivitas, empati, perilaku repetisi, bakat olahraga, kreativitas bermusik, potensi obesitas, dan lainnya.

KiddyGENME juga memungkinkan orang tua untuk mengembangkan potensi penuh anak-anak dengan cara yang paling sesuai, yakni dengan kecenderungan genetik. 

Dengan begitu, orang tua dapat merencanakan perkembangan anak dengan lebih terarah dan tidak memaksakan anak-anak pada hal-hal yang mereka tidak sukai.

Sedangkan PrimeGENME merupakan pemeriksaan genetik yang mencakup lebih dari 1800 gen marker yang berhubungan dengan 34 risiko penyakit degeneratif, termasuk risiko katarak, batu ginjal, kebotakan, penurunan fungsi kognitif, hingga gangguan tidur. 

Tidak hanya itu, pemeriksaan tersebut juga memberikan rancangan dan personalisasi tentang rekomendasi gaya hidup yang tepat dan asupan nutrisi untuk mempertahankan vitalitas menuju tahun keemasan seseorang.

Pemeriksaan genetik seperti ini hanya perlu dilakukan satu kali seumur hidup, sebab pada dasarnya gen atau DNA seseorang tidak berubah. 

Prosesnya pun cenderung sangat mudah, yakni hanya menggunakan air liur yang mengandung DNA dari dinding mukosa mulut dan sampel kemudian dikirimkan ke laboratorium untuk diperiksa. 

Hasil pemeriksaan yang sudah keluar akan dikonsultasikan pada tenaga profesional untuk kemudian direkomendasikan gaya hidup atau aktivitas yang tepat bagi pasien agar memperoleh kehidupan yang lebih berkualitas.

Sebelumnya, Kalbe sendiri telah meluncurkan pemeriksaan genomik NutriGENME dan SkinGENME. 

Keduanya merupakan pemeriksaan genetik yang mengaitkan kebutuhan nutrisi dan olahraga yang tepat dan memprediksi kecenderungan risiko penuaan pada kulit berdasarkan gen. 

Harapannya, dengan adanya pemeriksaan genetik ini dapat mendukung gaya hidup pasien agar lebih baik dan sehat.

 




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER

Jangan Minum Teh Saat Makan Besar

Penangkaran 'StAR Project' Kembang Biakkan Hiu Belimbing

Ada 183 Investor Malaysia Berminat Berinvestasi Di IKN

Rambut Rontok Bisa Jadi Indikator Kurangnya Asupan Zat Besi

Pemerintah Relokasi Korban Gempa Cianjur

Bioaqua Buka Delapan Offline Store di Jadetabek

Deretan Aplikasi Dan Gim Terbaik Di Google Play Tahun 2022

Kemensos Tangani Trauma Korban Gempa Cianjur