c

Selamat

Kamis, 28 Maret 2024

KULTURA

08 November 2021

19:49 WIB

JIS Kembali Buka Program Beasiswa Bhinneka Tunggal Ika

Beasiswa ini berlaku sejak penerima beasiswa tiba di JIS hingga lulus. Termasuk biaya sekolah, materi pembelajaran, transportasi, serta biaya ujian tambahan

Editor: Faisal Rachman

JIS Kembali Buka Program Beasiswa Bhinneka Tunggal Ika
JIS Kembali Buka Program Beasiswa Bhinneka Tunggal Ika
Ilustrasi. Seorang pelajar SMA Negeri mengisi formulir Beasiswa Bhineka Tunggal Ika, Jakarta Intercultural School (JIS). dok. JIS

JAKARTA – Ada kabar baik buat kamu yang masih bersekolah di SMP atau SMA negeri. Pendaftaran beasiswa utama Jakarta Intercultural School (JIS), Bhinneka Tunggal Ika (BTI) telah resmi dibuka. Program ini akan diwarnai dengan roadshow virtual mulai 8 November 2021 bagi para siswa sekolah negeri di seluruh nusantara.

“Kami sangat bersemangat memulai pencarian kami untuk angkatan baru pemimpin masa depan agar dapat bergabung dengan JIS di tahun akademik 2022/23,” kata JIS Interim Head of School Maya Nelson dalam keterangannya, Senin (8/11)

Menurutnya, BTI memiliki tempat yang sangat istimewa dalam komunitasnya. “Karena BTI semakin memperkuat ikatan kami bersama Indonesia dengan membuat perbedaan besar, terutama dalam kehidupan para penerimanya,” serunya.

Sesuai dengan semboyan nasional, Bhinneka Tunggal Ika, kata Maya, BTI memberikan kesempatan kepada siswa Indonesia yang berprestasi untuk mengejar minat dan mengeksplorasi potensi mereka di JIS, dengan pengalaman pendidikan global yang didanai penuh.

Ia memastikan, beasiswa ini berlaku sejak mereka tiba di JIS hingga lulus. Termasuk biaya sekolah, materi pembelajaran, transportasi, serta biaya ujian tambahan. Sebanyak tiga penerima beasiswa dipilih setiap tahun berdasarkan prestasi mereka di bidang akademik, olahraga, seni, dan sosial.

“Kami mencari siswa yang sejalan dengan misi sekolah kami untuk menjadi yang Terbaik bagi Dunia, yaitu tentang berjuang untuk memberikan yang terbaik demi perubahan positif bagi orang lain,” kata Maya.

“Sebagai mantan siswa JIS, Maya meyakinkan, para penerima beasiswa akan  mendapatkan kesempatan belajar yang luar biasa. “Dengan banyak kenangan mengagumkan yang akan mereka peroleh dalam komunitas multikultural,” tuturnya.

Beasiswa ini terbuka untuk pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di SMPN atau SMAN. Setiap tahun, pencarian penerima beasiswa angkatan baru dimulai dengan roadshow yang dipimpin oleh administrator JIS dan anggota Komite Beasiswa JIS.

“Perkembangan digital pada tahun 2020 yang didorong oleh pandemi covid-19, memungkinkan roadshow dapat diperluas secara virtual dan menjangkau berbagai kota di Indonesia,” lanjutnya.

Sekada inforamsi, pada tahun ajaran 2021/2022 JIS menerima 413 kandidat dari seluruh nusantara. Jumlah ini meningkat signifikan dari hanya 24 kandidat selama debut program pada tahun 2018. Selain mayoritas berasal dari Jakarta dan Pulau Jawa, para siswa juga berasal dari wilayah yang jauh dari ibukota, seperti Aceh, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Secara total, sembilan siswa telah menjadi bagian dari program beasiswa sejak diluncurkan pada tahun 2018. Mereka bergabung dengan JIS dari Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Kedua penerima beasiswa perdana, lulus pada Juni tahun ini dan melanjutkan petualangan belajar mereka di universitas-universitas di Eropa dan Amerika Utara. Salah satunya mendapatkan beasiswa untuk menyelesaikan gelar sarjana mereka.

“Pada tahun ajaran kali ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak sekolah dan lebih banyak siswa dengan Roadshow BTI virtual, yang akan terdiri dari serangkaian siaran langsung dari kampus Cilandak di Jakarta Selatan,” ujar Maya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang JIS BTI, kunjungi situs web program di jisedu.or.id/admissions/scholarships atau email Scholarships@jisedu.or.id untuk pertanyaan lebih lanjut.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER