c

Selamat

Jumat, 7 November 2025

KULTURA

06 November 2025

13:37 WIB

Jelang Piala Dunia 2026, Adidas Rilis Jersey Kancang 22 Negara

Adidas meluncurkan jersey kandang terbaru 22 negara, dengan sejumlah pembaruan desain yang semakin 'manis', tanpa meninggalkan apa yang telah menjadi ciri khasnya. 

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Satrio Wicaksono

<p>Jelang Piala Dunia 2026, Adidas Rilis Jersey Kancang 22 Negara</p>
<p>Jelang Piala Dunia 2026, Adidas Rilis Jersey Kancang 22 Negara</p>

Adidas luncurkan jersey kandang 22 negara. Foto: Adidas. 

JAKARTA - Delapan bulan jelang gelaran Piala Dunia 2026, Adidas resmi meluncurkan koleksi jersey kandang terbaru 22 negara sekaligus, Rabu (5/11) malam. Dengan jersey sebanyak itu, peluncuran ini menjadi yang terbesar dari brand asal Jerman tersebut.

Adapun ke-22 jersey tersebut mencakup negara-negara yang sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia 2026, maupun negara-negara yang masih berjuang di tahap kualifikasi. 

Adidas menegaskan, setiap jersey bukan sekadar seragam di lapangan, tetapi simbol persatuan dan identitas nasional. Setiap desain membawa cerita unik dari negaranya masing-masing, baik melalui warna, pola, maupun detail yang menggambarkan sejarah dan momen legendaris. Dari arsitektur tradisional hingga bentang alam ikonik, semua diolah menjadi elemen visual yang membangkitkan rasa bangga dan nostalgia.

"Jersey tim nasional adalah simbol kebersamaan dan kebanggaan sebuah bangsa. Saat para pemain melangkah ke panggung dunia di Piala Dunia terbesar dalam sejarah, mereka membawa harapan generasi baru dan menghormati mereka yang telah datang sebelumnya," kata General Manager Football Adidas, Sam Handy dalam keterangan resminya.

Argentina misalnya, mengusung perpaduan warna biru langit dan putih yang khas, kini hadir dengan efek shapeshifting tiga warna. Ini melambangkan tiga kemenangan besar mereka di Piala Dunia tahun 1978, 1986, dan 2022. 

Sementara Jerman menghadirkan pola berlian dan chevron yang terinspirasi dari jersey legendaris mereka, termasuk ketika menjadi juara dunia tahun 2014. Ada pula Italia, tampil elegan dengan nuansa “Azzurra” klasik yang disempurnakan, dengan detail emas bertuliskan julukan tim nasional di bagian belakang leher. 

Untuk Jepang, ciri khasnya ada pada garis-garis biru keabuannya yang terinspirasi pemandangan khas negeri sakura, yaitu kabut di cakrawala yang memisahkan laut dan langit. Spanyol tampil berani dalam warna merah dengan garis vertikal kuning lembut, mewakili kehangatan dan semangat yang telah menjadi ciri khas La Roja selama puluhan tahun. 

Dan tuan rumah Meksiko, membawa desain dengan semangat persatuan dengan slogan “SOMOS MÉXICO” di bagian belakang leher. Simbol kebanggaan dan energi yang menyatukan jutaan penggemar tim berjuluk El Tri itu.

Di balik keindahan desainnya, seluruh jersey ini merupakan inovasi teknologi tekstil terbaru mereka. Mengusung material CLIMACOOL+, setiap potongan dirancang untuk mendukung pemain di berbagai kondisi cuaca, mulai dari panas ekstrem hingga kelembaban tinggi, namun dengan kemampuan menyerap keringat lebih cepat dan ventilasi yang optimal.

Detail seperti mesh perforated, 3-stripe tapes yang dapat bernapas, dan bahan elastis 3D body-mapped, diyakini tidak hanya nyaman dipakai, tapi juga siap menghadapi tekanan pertandingan di level tertinggi. 

Sebagai sentuhan akhir, Adidas juga memperkenalkan lencana federasi dan logo adidas lentikular. Sebuah inovasi visual yang berubah tampilan tergantung sudut pandang, menambah kesan futuristik dan eksklusif pada tiap desain.

"Setiap jersey menceritakan kisah, memadukan warisan budaya dengan estetika modern dan dibangun menggunakan teknologi paling canggih kami. Koleksi ini mewakili masa depan desain jersey sepak bola," VP Design adidas Football, Thomas Mace.

Koleksi jersey home Adidas 2026 untuk 22 tim nasional ini dapat dibeli mulai hari ini, 6 November 2025 di website adidas.com dan toko-toko ritel terpilih di seluruh dunia.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar