c

Selamat

Jumat, 29 Maret 2024

KULTURA

21 April 2022

13:11 WIB

Jelajah Sahaja Jawa Timur Di Malang Dan Batu

Kota Malang dan Batu seakan saudara kembar, saling berbagi wisatawan, dua kota ini juga kompak menjaga destinasi-destinasinya yang tak ada di bagian lain Indonesia.

Penulis: Tristania Dyah Astuti

Editor: Rendi Widodo

Jelajah Sahaja Jawa Timur Di Malang Dan Batu
Jelajah Sahaja Jawa Timur Di Malang Dan Batu
Gunung Bromo menjadi salah satu pilihan wisata yang bisa dikunjungi dari Malang. Validnews/Rendi Widodo

JAKARTA – Libur lebaran tahun 2022 sebentar lagi tiba, jika belum menentukan tempat yang pas untuk menghabiskan waktu liburan, mungkin Jawa Timur bisa menjadi pilihan tahun ini. Spesifik, Malang dan Batu merupakan dua destinasi yang banyak direkomendasikan.

Dua kota yang saling terhubung dan berbagi wisatawan ini memiliki sejumlah pilihan destinasi yang bisa mengisi liburan Anda. Mulai dari penginapan unik, ragam wisata wisata alam, hingga destinasi buatan yang ikonik.

Seperti apa serunya bertualang di Malang dan Batu? 

Penginapan Unik
Sebagai kota wisata, Kota Malang tentu memiliki banyak pilihan tempat menginap mulai dari hotel bergaya klasik seperti Hotel Tugu yang berdekatan dengan Tugu Malang, atau sekelas hotel internasional seperti Best Western OJ hotel dengan skyroom di lantai atasnya.

Jika Anda lebih suka dengan tema alam, ada Shanaya Resort Malang yang belakangan viral karena keunikan kamar-kamarnya. Resort yang mengusung konsep glamping ini akan menyegarkan ingatan Anda tentang rumah Hobbit di Film The Lord of The Rings.

Namun jangan khawatir ukurannya tentu tidak sekecil itu, rumah Hobbit di Shanaya berukuran cukup besar dengan fasilitas lengkap selayaknya kamar hotel. 

Luasnya kawasan rumput hijau di resort ini membuat anak-anak bisa dengan leluasa bermain dan berlarian. Tak hanya itu, berbagai permainan yang juga mengusung tema natural akan membuat sensasi menginap di sini tak akan terlupakan.

Tempat Wisata Alam
Tempat ikonik di Kota Malang yang bisa dikunjungi ada Tugu Malang. Berada di tengah kota tepat di depan kantor pemerintahan Kota Malang. Bergeser sedikit, anda juga bisa ke Alun-alun kota yang berdampingan dengan Masjid Agung.

Untuk Anda yang gemar berjalan kaki dengan suasana yang tenang. Pilihan berjalan-jalan di sekitar Jalan Ijen, akan membuat pengalaman jalan kaki Anda memorable di antara rumah-rumah elite bergaya belanda.

Bagi yang gemar dengan wisata pegunungan, akan sangat disayangkan jika Anda tidak berkunjung ke Bromo. Dari Malang, Gunung Bromo bisa dijangkau hanya dengan 1 jam perjalanan darat. Jangan lupa untuk berangkat di subuh hari untuk mendapatkan pemandangan kabut pagi yang tak terlupakan di sini.

Menengok ke Kota Batu, tak sedikit yang bisa ditawarkan sister city Malang ini.  Hanya sekitar 40 menit perjalanan darat dari pusat Kota Malang, Anda bisa mencapai Kota Batu yang memiliki udara lebih sejuk di dataran tinggi.

Sesampai di Kota Batu, Anda akan disambut alun-alun kota batu dengan patung buah Apel sebagai buat khas Batu. Di sekitar alun-alun terdapat kuliner terkenal yang selalu ramai dikunjungi saat malam hari, yaitu Pos Ketan Legenda. Kalau kata orang Batu, "Belum ke Batu, kalau belum ke Pos Ketan".

Pos Ketan Legenda menawarkan kuliner berbahan ketan dengan beragam topping yang menggugah selera, sayangnya pos Ketan Lagend akan buka setiap jam 4 sore, jadi pastikan Anda tidak kepagian ya.

Bergeser ke atas, ada banyak lokasi wisata seperti air terjun, Taman Labirin Coban Rondo, atau Paralayang yang terkenal. 

Untuk arena paralayang, kita tidak harus mencoba paralayangnya loh, tapi juga bisa jadi tempat bersantai menikmati udara dingin dan indahnya kota Batu dari ketinggian.

Selain itu ada juga beberapa lokasi wisata yang sudah kadung ikonik sejak pertama kehadirannya, seperti Museum Angkut dan Jatim Park yang memiliki kebun binatang terbaik, Batu Secret Zoo.

Itulah deretan sahajanya Malang dan Batu. Jangan lupa membawa pakaian hangat ya, karena saat malam, kedua kota ini memiliki udara yang cukup sejuk.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER